TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tanam Perdana Dandim 0709/Kebumen, Gunakan Mesin Canggih Rice Transplanter

By 26 Mar 2016 06:21Kodam IV/Diponegoro
rp

KODIM 0709/KEBUMEN, Memasuki jelang masa tanam ke II periode April hingga September 2016 mendatang telah dimulai dengan diawali pencanangannya oleh Dandim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Czi Priyo Sambodo, S.I.P denngan menggunakan alat dan mesin pertanian Rice Transplanter model Crown Indojarwo bantuan Pemerintah Pusat yang diberikan melalui Distannak Kab. Kebumen berasal dari sumber APBN-P TA. 2015. Lahan seluas 200 ubin ini secara simbolis ditanam Dandim dengan jenis padi ciherang bersama Gabungan Kelompok Tani Murah Rejeki Desa Sidomukti Kec. Kuwarasan Kab. Kebumen, Sabtu (26/3/16).

Menurut Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Catur mengatakan, “Alat ini akan mulai digunakan pada masa tanam kedua yakni pada bulan April sampai September mendatang, penggunaan alat ini bisa kita pakai untuk lahan demplot yang telah dilakukan kerjasama antara Kodim, Gapoktan, Distannak dan PPL, namun alat ini nanti bisa kita gunakan pula untuk lahan selain demplot, karna cara kerja alat ini secara otomatis, maka akan bisa menghemat waktu tanam, sehinga dengan alat ini kita bisa mengejar target tanam dan luas tanam, Rice Transplanter model Crown Indojarwo, didesaign untuk sistem tanam jajar legowo 2:1 yang mampu menghasilkan populasi tanam 213.000 tanaman/hektar atau 33,31% lebih banyak disbanding metode tegel 25 cm x 25 cm, dengan populasi tanaman hanya 160.000/Ha, “ujar Pasiter menerangkan.

Rice Transplanter dengan nama Indo Jarwo Transplanter 2:1 ini, disamping dapat mempercepat waktu dan hemat biaya tanam, mesin ini juga diharapkan dapat mensubtitusi, artinya 1 Ha bibit padi, satu unit mesin Indo Jarwo memerlukan waktu sekitar 5-6 jam atau kemampuannya setara dengan 25 tenaga kerja tanam.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut secara serentak di Wilayah Koramil 19/Kuwarasan juga dilakukan kegiatan Upsus Babinsa yakni seperti di Desa Serut, Kegiatan panen padi milik pak Kartijo, Poktan Tani Jaya dengan Luas 100 ubin. Desa Pondok Gebangsari panen padi milik pak Tarto Poktan Sri Berkah. Luas 100 ubin. Desa Gumawang panen padi milik pak santoso Poktani Murakabi I Luas110 ubin, Desa Kalipurwo panen padi milik pak Sukarto dengan Poktani Sari Tani, serta desa lainnya yang pada hari ini bersamaan melaksanakan panen raya perdana (Pard).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tanam Perdana Dandim 0709/Kebumen, Gunakan Mesin Canggih Rice Transplanter