TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tim Ekspedisi Bekerjasama Dengan Dinas Sosial Adakan Bakti Sosial

By 05 Mar 2016 16:38Puspen TNI
ex

(Puspen TNI. Sabtu, 5 Maret 2016). Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 Subkorwil-6/Wondama bidang  Pengabdian Masyarakat bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Wondama mengadakan bakti sosial selama dua hari di Kampung Namimori Distrik Kuriwamesa Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Jum’at (4/3/2016).

Bakti sosial yang dilakukan Tim Ekspedisi NKRI dan Dinas Sosial ialah pembagian sembako (setiap kepala keluarga mendapatkan beras 10 kg, minyak goreng 1 liter, bumbu-bumbu dapur, gula, kecap, sambal dan mie instan 1 kardus), pengobatan gratis, pengecatan Gereja serta penambahan Fasilitas Gereja.

“Kami mendapat informasi kalau beberapa minggu yang lalu terjadi bencana banjir di Kampung Namimori. Hal itu lah yang melatarbelakangi  kami dan Dinas Sosial mengadakan bakti sosial ini. Walau hanya sebatas itu yang bisa kita berikan, tapi semoga semua itu bermanfaat,” ungkap Kapten Inf Junaidi selaku Komandan Ekspedisi Subkorwil-6/Wondama.

Lebih lanjut Kapten Junaidi menjelaskan, selain kekurangan bahan pangan dan air bersih, kesehatan masyarakat pun banyak yang terganggu. Banyak penyakit-penyakit yang timbul setelah terjadinya banjir, ditambah lagi kurangnya kesadaran masyarakat akan perilaku hidup sehat. Fasilitas umum penunjang kesehatan seperti Mandi Mencuci Kakus (MCK) hanya beberapa rumah saja yang memiliki, itupun kondisinya hampir kurang layak untuk dipakai.

“Selama ini masyarakat mengandalkan sungai untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci dan bahkan untuk kebutuhan air minum. Pengobatan gratis ini dirasa perlu sekali mengingat kondisi masyarakat yang sangat membutuhkan,” tutup Kapten Inf Junaidi.

Sementara itu, Tim Kesehatan Dinas Sosial dr. Aldif Rorong mengatakan, jumlah pasien terbanyak dalam pengobatan ini ialah balita dan anak-anak. Pengobatan ini menitik beratkan pada penyakit umum yang diderita masyarakat seperti infeksi saluran pernapasan atas, gejala malaria dan penyakit-penyakit menular seperti TBC.

“Kita juga menemukan pasien yang terkena penyakit kusta multibsiler, kita dapat memberi pengobatan dini agar kusta itu tidak bertambah parah. Untuk pelayanan masyarakat lebih lanjut, kita sudah menempatkan dua mantri untuk melayani masyarakat di Pustu Kampung Namimori,” jelas dr. Aldif Rorong.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tim Ekspedisi Bekerjasama Dengan Dinas Sosial Adakan Bakti Sosial