TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Warga Kodam II/Swj Terima Sosialisasi Asabri

By 17 Mar 2016 06:42Kodam II/Sriwijaya
IMG_2472

Sebanyak 500 personel yang terdiri dari para pejabat Personalia, Juru Bayar, Prajurit TNI, PNS dan Ibu-Ibu Persit Kartika Chandra Kirana di wilayah Garnizun Palembang menerima Sosialisasi Penyelenggaraan Program PT. Asabri (Persero) bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jl. Jend. Sudirman Km. 2,5 Palembang, Rabu (16/3/2016).

Kegiatan ini digelar dalam rangka salah satu bentuk tanggung jawab PT. ASABRI (Persero) terhadap pesertanya, guna memperoleh penjelasan, pemahaman dan pengetahuan tentang hak dan kewajiban peserta, prosedur dan administrasi pengurusan santunan dan pensiun serta program-program kerja PT. ASABRI (Persero) terkait dengan diberlakukannya PP Nomor 102 Tahun 2015 pengganti PP Nomor 67 Tahun 1991.

Adapun Penyelenggaraan Program PT. Asabri tersebut adalah Program Asuransi Sosial yang meliputi ; Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (Jkm) dan Program Pensiun.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., dalam sambutanya ketika membuka Sosialisasi Program Asabri, mengatakan bahwa melalui sosialisasi ini, diharapkan para peserta ASABRI akan lebih memahami dan mengetahui hak-hak dan kewajibannya sebagai peserta ASABRI serta persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk pengajuan hak-haknya.

“Manfaatkan kegiatan ini dengan baik, tanyakan dan diskusikan apabila  ada  hal-hal  yang kurang jelas atau ada permasalahan yang perlu mendapat penjelasan lebih terinci, sehingga diperoleh kejelasan tentang materi, mekanisme, prosedur  dan hal-hal teknis yang terkait dengan program ASABRI,” ujar Pangdam.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PT. ASABRI (Persero), Bapak Mayjen TNI (Purn) Adam Damiri didampingi Direktur Operasi Asabri Bapak. Adi Yatmika menyampaikan tentang Program PT. ASABRI (persero) yang merupakan asuransi sosial ABRI yg memberikan perlindungan kepada prjurit TNI, anggota Polri dan PNS Kemhan dan Kepolisian RI beserta keluarga.

Sebagai salah  satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT. ASABRI (Persero) bertugas menunjang upaya meningkatkan kesejahteraan anggotanya di lingkungan  Kemhan, TNI dan  Polri, dengan memberikan kepastian akan perlindungan dasar melalui pembayaran santunan ASABRI apabila terjadi hal-hal seperti meninggal dunia, gugur, tewas, kecelakaan dan pensiun.

Pembayaran santunan ASABRI meliputi Santunan Asuransi, Santunan Nilai Tunai Asuransi, Santunan Resiko Kematian, Santunan Resiko Kematian Khusus (meninggal dalam tugas) dan Santunan Biaya Pemakaman kepada  anggota pensiun yang meninggal.

Selain pembayaran santunan, terhitung mulai tanggal 1 April 1989, PT. ASABRI (Persero) juga mempunyai tugas tambahan berupa pembayaran pensiun bagi Prajurit TNI, anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri.

Dalam kegiatan tersebut, Tim Sosialisasi dari Bank BTPN, BRI, Woori Saudara dan Yudha Bhakti juga memberikan sosialisasi, dilanjutkan dengan sesi tanyajawab.

Turut Hadir, Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Tri Winarno, para Asisten Kodam II/Swj dan para Dan/Ka Balak jajaran Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Warga Kodam II/Swj Terima Sosialisasi Asabri