TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

103 Prajurit TNI Kontingen Garuda Unifil Naik Pangkat di Lebanon

By 03 Apr 2016 01:44Pasukan Garuda
pp

(Lebanon Selatan. Sabtu, 2 April 2016).   Sebanyak 103 Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula, di sela-sela tugas mengemban misi perdamaian PBB di Lebanon.

Upacara kenaikan pangkat dipimpin langsung oleh Komandan Kontingen Garuda (Konga) TNI Unifil, Kolonel Kav Jala Argananto, M.A., bertempat di Lapangan Soekarno Markas Indobatt, UNP 7-1, Adshid al Qusayr, Lebanon Selatan, Jum’at (1/4/2016).

Kenaikan pangkat ini merupakan penghargaan yang telah diberikan oleh Negara dan TNI kepada personel TNI atas dedikasi yang baik dalam melaksanakan tugasnya selama ini.  103 anggota TNI dari ketiga matra yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU yang naik pangkat terhitung mulai 1 April 2016, terdiri dari berbagai kepangkatan, yaitu : Mayor ke Letkol 1 orang, Kapten ke Mayor 10 orang, Lettu ke Kapten 12 orang, Letda ke Lettu 2 orang, Pelda ke Peltu 2 orang, Serka ke Serma 5 orang, Sertu ke Serka 21 orang, Serda ke Sertu 18 orang, Kopda ke Koptu 14 orang, Praka ke Kopda 14 orang, dan Pratu ke Praka 4 orang.

Dalam upacara tersebut, perwakilan penyematan pangkat menyampaikan rasa syukur dan bangga. “Momen ini sangat bermakna dan takkan pernah terlupakan, kami sangat bangga bisa naik pangkat di daerah operasi, terlebih lagi sedang mengemban misi internasional seperti saat ini,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Komandan Konga TNI Unifil Kolonel Kav Jala Argananto, M.A, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota yang naik pangkat. “Saya sebagai Komandan Kontingen Garuda menyatakan suatu kebanggaan tersendiri kalian bisa naik pangkat di daerah operasi, karena tidak setiap prajurit bisa merasakannya. Apalagi, kenaikan pangkat itu terjadi dalam penugasan di luar negeri dalam rangka mengemban misi perdamaian PBB seperti saat ini,” ujarnya.

“Kenaikan pangkat itu tidak didapatkan dengan mudah, namun merupakan prestasi sebagai wujud penghargaan atas kinerja dan kemampuan yang telah ditunjukkan serta dinilai layak mendapatkannya sesuai dengan kriteria maupun persyaratan yang berlaku di TNI,” kata Kolonel Kav Jala Argananto.

Mengakhiri sambutannya, Komandan Konga TNI Unifil Kolonel Kav Jala Argananto, M.A. menegaskan, dengan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi  hendaknya dibarengi dengan peningkatan profesionalisme kerja dan tanggung jawab yang ditunjukkan dalam setiap pelaksanaan tugas di lapangan.

Upacara kenaikan pangkat dihadiri pula oleh para Dansatgas dari Kontingen Garuda TNI di Unifil.  Sebagai wujud rasa syukur atas kenaikan pangkat ini, acara ditutup dengan doa bersama. Selanjutnya, seluruh prajurit yang naik pangkat mengikuti foto bersama sebagai wujud kebanggaan untuk menyandang pangkat baru dan siap menyongsong tugas baru.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

103 Prajurit TNI Kontingen Garuda Unifil Naik Pangkat di Lebanon