Skip to main content
Kodam VI/Mulawarman

Anggota Kodim/1006 MTP Apel Siaga Karhutla Kab Banjar TA. 2016

Dibaca: 79 Oleh 27 Apr 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Martapura (27/04) 1 SST Anggota Kodim 1006/Mtp mengikuti Apel Siaga Karhutlah Kab. Banjar dengan Irup Wakil Bupati Kab Banjar H.Saidi Mansyur pada tanggal 25 April 2016 di depan Halaman Kantor Pemda Banjar yang dihadiri oleh Sekda Kab Banjar Drs.Nasrunsyah. MM, Dandim 1006/Mtp yang diwakili Danramil 1006-06/Mtp Kapten lnf Fathulmubin Mubin, Ketua DPRD Kab Banjar yang diwakili Waka Polres Banjar, Dansat Brimob atau yang mewakili, Kepala BPBD Prov Kal-Sel atau yang mewakili, Kepala Kantor SAR Banjarmasin, serta para Danramil dan Kapolsek se Kabupaten Banjar, tomas, Toga serta undangan.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Banjar menyampaikan bahawa seperti kita ketahui Kab Banjar merupakan daerah yang mempunyai tingkat kerawanan yang tinggi terhadap terjadinya banjir bencana baik itu kebakaran hutan dan lahan maupun puting beliung, tanah longsor, kekeringan/ krisis air bersih dan gelombang tinggi air pasang (Rob).

Keberadaan lahan gambut menyebabkan rentannya terjadi kebakaran pada musim kemarau dan banjir jika musim hujan. Karena itu juga kita harus berupaya melakukan meningkatkan kewaspadaan serta berupa pencegahan terhadap potensi yang mungkin terjadi.

Baca juga:  Pasi Ter Kodim 1006/Martapura Tanam Perdana Demplot Peningkatan Kapasitas Tanam Padi

Oleh karenanya penangulangan bencana bukan menjadi wewenang Pamerintah saja, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab semua pihak, baik Pamerintah, masyarakat mauapun dunia usaha, sesuai dengan UU No.24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dan Perda Kab Banjar No.18 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana dan sehingga jika terjadi bencana kita harus bersatu padu bergerak untuk membantu saudara- saudara kita yang terkena musibah bencana.

Untuk itu apel siaga ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dan ke siap siagaan kita semua mengurangi kerentanan masyarakat dalam menghadapi bencana Karhutlah. Pamerintah sendiri sudah melakukan upaya rapat pertemuan Koordinasi tentang Karhutlah ini dengan instansi terkait penyiapan personel, logistik, dan peralatan serta sosialisasi. Sekali lagi atas nama Pamerintah meminta kepada BPBD Kabupaten Banjar agar terus meningkatkan berkoordinasi dan semangat dalam bekerja serta cepat dan tepat dalam menanggulangi bencana khususnya di kab Banjar.

Upacara apel siaga bencana ini diikuti juga peserta apel yaitu Kodim 1006/ Mtp, Polres Banjar, Satpol PP, BPBD, Tagana, Damkar, Sar, Satpam, serta Relawan dan Dinas Sosial.

Baca juga:  Dandim 1002/Brb: Kewaspadaan Nasional Dalam Mencegah Disitregrasi Bangsa

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel