TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Anggota Koramil 06/Jumo Temanggung Bahu Membahu Bersama Masyarakat Bersihkan Jalan Akibat Tanah Longsor

By 12 Apr 2016 12:54Dinas Penerangan
longsor1

Anggota Koramil 06/Jumo bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung dan masyarakat bahu membahu membersihkankan tanah yang menutupi jalan akibat longsor yang terjadi di Dusun Tlogo Wunggu Desa Muncar Temanggung Jawa Tengah beberapa saat yang lalu. Akibat longsor tersebut tidak ada korban jiwa namun  mengakibatkan  jalan tertimbun tanah sehingga lumpuh total dan mengganggu aktifitas perekonomian warga.

Musibah tanah longsor tersebut terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang melanda daerah Gemawang kabupaten Temanggung sehingga mengakibatkan tanah yang berada di terbing pinggir jalan Desa Muncar mengalami longsor dan menutup jalan yang menghubungkan antara Desa Muncar menuju kecamatan Gemawang dan merupakan akses satu-satunya masyarakat dalam beraktifitas sehari hari.

Megetahui kejadian longsor, Serka Endro Kusworo anggota Koramil 06/Jumo kodim 0706 Temanggung selaku Babinsa di wilayah tersebut selanjutnya melakukan koordinasi dengan perangkat desa setempat dan melaporkan kepada BPBD Kabupaten Temanggung, dengan harapan segera di ambil tindakan pembersihan material longsor yang menutup jalan.

Sebelum bantuan alat berat dari BPBD datang, personil Koramil 06/Jumo kodim 0706 Temanggung bersama masyarakat hari itu juga bergerak untuk membersihkan tumpukan tanah yang menutup jalan dengan menggunakan peralatan seadanya. Mereka bersama-sama bahu membahu membersihkan tumpukan tanah dengan tujuan supaya jalan tersebut bisa segera di gunakan oleh masyarakat dalam beraktifitas.

Dikarenakan volume tanah saat longsor sanggat banyak, sampai saat ini pembersihan tanah masih dilakukan dengan menggunakan peralatan berat dari BPBD Temanggung dibantu masyarakat dan personil Koramil 06/Jumo kodim 0706 Temanggung. Menurut perkiraan tebing di sepanjang jalan sekitar lokasi longsor  tanahnya sangat labil dan masih sangat rawan longsor apabila terjadi hujan deras lagi, apabila jalan sudah bisa dilalui warga di himbau untuk tetap berhati-hati saat melewati jalan di sekitar daerah tersebut.

Selanjutnya Babinsa mengusulkan dan menghimbau kepada warga untuk melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon di lereng-lereng bukit sehingga harapannya pohon yang ditanam bisa menahan tanah apabila terjadi hujan deras lagi. Melalui Kepala Desa Muncar, warga masyarakat setempat mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada anggota Koramil 06/Jumo dan BPBD Temanggung atas bantuan yang telah diberikan, sehingga jalan yang tertutup tanah longsor dapat digunakan kembali oleh warganya. (Dispenad)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam VI/Mulawarman Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Anggota Koramil 06/Jumo Temanggung Bahu Membahu Bersama Masyarakat Bersihkan Jalan Akibat Tanah Longsor