TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Kelurahan Tidar Utara Beri Pelatihan Pengolahan Limbah

By 22 Apr 2016 14:29Kodam IV/Diponegoro
limbah

Babinsa PosKoramil 24 Kodim 0705/ Magelang Serda Bambang setijawan melakukan pembinaan di kelurahan Tidar utara merasa perlu membantu pemerintahan setempat untuk mengatasi hal ini. Berbekal dari pelatihan kerajinan berbahan plastik bekas yang pernah ia dapatkan sebelumnya dia berusaha menularkannya kepada warga binaanya.(22/04)

Pada masa pertumbuhan pembangunan yang begitu pesat, masyarakat disuguhkan dengan berbagai macam fasilitas kemudahan yang bersifat praktis yang mempengaruhi pola hidup masyarakat. Pada hakikatnya akhirnya mengajak masyarakat untuk berfikir secara praktis tanpa memikirkan efek negatif yang ditimbulkan. Seperti dapat kita temui di sekitar lingkungan kita. Masuknya barang dengan kemasan plastik di lingkup perdagangan masyarakat kita, membuat suatu kemudahan tersendiri bagi masyarakat pada umumnya dalam proses perdagangan itu sendiri. Namun disisi lain hal tersebut sangat berpengaruh buruk terhadap kebersihan lingkungan akibat munculnya sampah plastik yang mulai menumpuk disekitar kita. Seperti yang kita ketahui bahwa sampah yang dihasilkan oleh bahan plastik tidak dapat diuraikan dengan baik oleh bakteri pengurai sehingga mengakibatkan tumpukan sampah dimana mana. Suatu pekerjaan rumah yang sangat berat bagi pemerintah saat ini.

Serda Bambang setijawan Babinsa Poskoramil 24 yang bertugas melakukan pembinaan di kelurahan Tidar utara merasa perlu membantu pemerintahan setempat untuk mengatasi hal ini. Berbekal dari pelatihan kerajinan berbahan plastik bekas yang pernah ia dapatkan sebelumnya dia berusaha menularkannya kepada warga binaanya. Disela sela tugas kesehariannya dia sempatkan memberikan pelatihan kepada warga yang datang ke rumahnya ataupun mengumpulkan para ibu rumah tangga di pelataran masjid setempat seperti yang dilakukannya baru baru ini. Menurutnya kegiatan ini sangat besar manfaatnya untuk lingkungan. “Dengan memberdayakan masyarakat secara langsung akan mengugah kepedulian terhadap pentingnya kebersihan lingkungan.” Katanya disela sela kegiatan.Dia juga berharap dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat sekitarnya sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan . Bambang sendiri selain memberikan pelatihan juga membantu memasarkan hasil kerajinan mereka melalui penjualan online. Banyak kalangan yang tertarik dengan hasil karyanya dan tak heran kalau dia mulai kuwalahan menerima pesanan. Banyak kalangan yang mulai tertarik dan melakukan pemesanan melalui akun facebooknya. Kedepan dia berharap agar pemerintah mau memfasilitasi dan mendorong warga di wilayah binaannya agar mempunyai kemampuan dalam bidang serupa sehingga dapa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Kelurahan Tidar Utara Beri Pelatihan Pengolahan Limbah