TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Kodim Kudus Bersama Petani Perbaiki JUT

By 04 Apr 2016 14:01Kodam IV/Diponegoro
Babinsa Kodim Kudus Bersama Petani Perbaiki JUT

Jalan Usaha Tani (JUT) merupakan salah satu faktor penentu dalam proses produksi pertanian. Akses jalan yang kurang memadai membuat proses produksi maupun distribusi hasil pertanian terhambat. Waktu banyak terbuang di jalan. Akses jalan yang kurang layak juga membuat membuat ongkos produksi tinggi.

“Pada saat musim panen tiba petani selalu terkendala, kerap kali petani harus bersusah payah melalui jalan yang kurang layak dalam mengangkat hasil panen, begitu pula sebaliknya saat bercocok tanam,” kata Babinsa Gamong Serka Ronzikan pada saat membantu petani melaksanakan pembersihan rumput liar serta penimbunan jalan yang berlubang disepanjang JUT, Minggu (03/4).

Anggota Kodim 0722/Kudus dari Koramil 09/Kaliwungu tersebut mengajak para petani dari Kelompok Tani Makmur Desa Gamong Kec Kaliwungu Kudus untuk melaksanakan kerja bhakti. Babinsa menerangkan perbaikan JUT itu bertujuan untuk mempermudah petani menjangkau lahan persawahannya. Termasuk membawa dan menjual hasil pertanian keluar dari persawahan.

Babinsa berharap agar jalan yang merupakan akses utama menuju ke area pertanian ini dapat dimanfa’atkan oleh para petani untuk mengangkut pupuk sebagai perawatan tananaman serta distribusi hasil panen. “Pada musim hujan ini jalan tersebut becek dan digenangi air sehingga diperlukan penanganan segera agar proses produksi pertanian tidak terganggu,” kata Babinsa menambahkan.

Kegiatan kerja bhakti bersama petani tersebut selain dalam rangka mensukseskan program upsus swasembada pangan, dengan kerja bakti tersebut Babinsa juga menanamkan nilai kepedulian, nilai kegotongroyongan di masyarakat serta mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam VI/Mulawarman Kodam Iskandar Muda Kodam IX/Udayana Kostrad Kodam IV/Diponegoro Dinas Penerangan Puspen TNI Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Kodim Kudus Bersama Petani Perbaiki JUT