TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Ngablak Bantu Petani Panen Jagung

By 01 Apr 2016 10:33Kodam IV/Diponegoro
IMG-20160331-WA0006

Bintara Pembina Desa (BABINSA) Desa Girirejo Koramil 07/Ngablak Kodim 0705/Mgl Kopka Tumardi mendampingi petani panen jagung Dusun Srigading, Desa Girirejo  Kecamatan Ngablak, Kamis (31/03).

Pendampingan Petani dilakukan oleh seluruh Babinsa Koramil 07/Ngablak di wilayah binaan masing-masing. Pendampingan yang dilakukan Babinsa meliputi pendistribusian bibit dan pupuk, proses pengolahan lahan, penyemaian bibit, perawatan hingga waktu panen.Tentunya ini sangat menguras waktu tenaga dan pikiran karena disamping tugas tersebut tugas-tugas pokokpun tidak serta merta diabaikan.

Tugas pendampingan merupakan tindak lanjut kerja sama antara TNI AD dengan Kementrian Pertanian Republik Indonesia dalam rangka mendukung dan mensukseskan program Pemerintah di bidang swasembada pangan. Aparat Komando Kewilayahan (APKOWIL) di samping tugas pokoknya dituntut untuk ikut bertanggung jawab  mensukseskan program  tersebut.

Kondisi geografis di wilayah Ngablak yang merupakan daerah ketinggian tentu tidak bisa disamakan dengan daerah lain dan memerlukan pendekatan dan strategi yang berbeda pula. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memotifasi petani dengan sesering mungkin terjun ke lapangan, menjamin distribusi bibit dan pupuk sampai ketangan petani tanpa ada kebocoran sehingga petani kecil di pelosok wilayah ini bisa merasakan perhatian pemerintah.

Pada kesempatan tersebut pemilik lahan jagung yang sedang di panen H. Suroso (58)  terlihat sangat antusias melihat babinsa ikut memanen jagung, ” Ini baru TNI yang merakyat karena mau bergabung dengan petani kecil seperti Kami”ujar Suroso sambil tersenyum.(hombing)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Ngablak Bantu Petani Panen Jagung