TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bersama Warga, Anggota Koramil Kandangan Kediri Membangun Irigasi Non Permanen

By 07 Apr 2016 06:43Kodam V/Brawijaya
2

Sawah dan irigasi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat para petani, maka dari itu peran serta Bidang Pembangunan dan Pemeliharaan Irigasi non permanen sangatlah dibutuhkan oleh daerah. Pembangunan sarana dan prasarana pengairan mulai dari saluran-saluran irigasi hingga mengalir ke areal pertanian, akan menambah debit air yang melimpah ke petak-petak sawah petani.

Dalam mengatasi hal itu Koramil 0809/15 Kandangan bergotongroyong bersama masyarakat, pada Rabu (06/04/2016), membangun irigasi non permanen sepanjang 110 meter di Desa Kandangan Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Irigasi tersebut diharapkan mampu mendukung pasokan air sekitar 32 hektar lahan pertanian yang ada dialirinya.

Secara bergiliran, 4 orang anggota Koramil Kandangan diturunkan tiap hari Selasa , Rabu dan Kamis secara rutin untuk membantu pembangunan jaringan irigasi tersier non permanen hingga selesai. Diperkirakan dalam seminggu kedepan jaringan irigasi non permanen ini akan tuntas serta dapat menampung air hujan, sebagai pasokan utama lahan pertanian yang ada disekitarnya.

Dari lahan seluas 32 hektar tersebut, tanaman jagung mendominasi, sedangkan sebagian lagi ditanami tanaman lombok, tomat dan tebu, dan sekitar 4 hektar ditanami padi. Pembangunan saluran irigasi non permanen tersebut, juga dikoordinir secara langsung oleh Gapoktan “Sugih Pangan”, yang diketuai Bapak Suyatno, dan tiap hari (kecuali hari minggu) terus melakukan pembangunan saluran irigasi tersebut hingga selesai. Authentifikasi : Kapenrem 082/CPYJ, Mayor Arm Imam Duhri

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bersama Warga, Anggota Koramil Kandangan Kediri Membangun Irigasi Non Permanen