Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Dandim 0824 : Mahasiswa Harus Menjadi Bagian Kader Bela Negara Dalam Menangkal Proxy War

Dibaca: 721 Oleh 03 Apr 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Komandan Kodim 0824 Jember hadir sebagai narasumber “Seminar Bela Negara” dengan tema “Membangkitkan Darah Juang Sebagai Bentuk Revitalisasi Cinta Tanah Air Untuk Indonesia” yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadyah Jember pada Sabtu 02/04 di Gedung Serba Guna Universitas Muhammadyah Jember.

Hadir pada kesempatan tersebut Rektor Univ Muhammadyah Dr Mohammad Hasmi, DE, SS, Ka Bakesbangpol Kab Jember Drs Widi Prasetyo, M.Pd, Dandim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P, Presiden BEM Unmuh Sdr. Bentar Warna Dwi Saputra, Danramil 0824/11 Kapten inf Jarwo AP dan 175 orang mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut Mohammad Hasmi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dating kepada Dandim 0824 Jember dan Ka Bakesbangpol Kab Jember serta para mahasiswa yang hadir, selanjutnya beliau mengajak mahasiswa untuk berperan aktif dalam memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mari kita menggugah diri kita masing-masing untuk membangun Indonesia lebih maju lagi.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P saat menyampaikan materinya terkait bahaya proxy war berterima kasih kepada adik-adik yang mengadakan acara ini, hal seperti inilah yang dibutuhkan bangsa Indonesia untuk bangkit dan menyadarkan diri akan pentingnya rasa kebangsaan, akan pentingnya menyadari bahwa jati diri kita sebagai Bangsa Indonesia, karena adik-adik sangat dibutuhkan untuk turut berperan aktif sebagai bagian dari Kader Bela Negara.

Baca juga:  HUT Persit Kartika Chandra Kirana Ke-70, Kodim Lamongan Adakan Donor Darah

Kita pada saat sekarang ini sudah kemasukan adanya proxy war, ini cara baru yang masuk tanpa kita rasakan dalam merongrong keselamatan bangsa dan kedaulatan NKRI, proxy war adalah methodologi baru dalam menguasai Bangsa Indonesia dengan menyebarkan isu, memecah belah persatuan, mempengaruhi buruh dan elemen-elemen masyarakat untuk berselisih pendapat baik menyangkut kebijakan pemerintah maupun hal-hal lainnya yang mudah menyulutkan perpecahan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dengan proxy war cara penguasaan suatu Negara akan relatif mudah, bahkan kita tidak dapat mengenali siapa kawan siapa lawan, mereka sering memanfaatkan pihak ketiga dan seterusnya untuk berperan langsung dalam aksinya.

Muhammad Nas juga menyampaikan bahwa kita semakin kedepan nanti akan dihadapkan berbagai krisis, diantaranya krisis energy, krisis pangan, krisis air dan lain-lain yang memudahkan mereka untuk manjadikannya bahan dalam menjalankan proxy war.

Untuk itu melalui momentum ini mari kita sadari, mari kita bangun diri kita masing-masing seperti yang disampaikan Rektor tadi semua harus kita mulai dari diri kita masing-masing, utamanya adik-adik mahasiswa ini sebagai calon-calon pemegang kendali Bangsa Indonesia dimasa yang akan datang.

Baca juga:  Proxy War Itu Ancaman Nyata

Selanjutnya Ka Bakesbangpol Pemkab Jember Drs Widi Prasetyo, M.Pd yang menyampaikan materi Bela Negara dengan prepektif Membentengi Diri Terhadap Ancaman Lingkungan, yang pada intinya dalam menyambut Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) yang sering dikumandangkan, hendaknya kita lebih mewaspadai adanya pengaruh-pengaruh terorisme, waspadai pengaruh-pengaruh global yang merugikan Bangsa Indonesia.

Kekayaan Alam Bangsa Indonesia mari kita berdayakan, cintai produk local kelola sumberdaya pertanian, perkebunan, pertambangan, air dan udara Indonesia ini dengan baik, demi pemanfaatan secara jangka panjang.

Waspadai berbagai kemungkinan yang terjadi disekitar kita utamanya warga negara asing, produk-produk asing dan lain-lain, jangan sampai membahayakan keselamatan kita dan bangsa kita.

Saat kami konfirmasi Presiden BEM Unmuh menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan ingin turut berperan serta dalam membangun bangsa, dapat kita lihat banyaknya pemuda/pemudi kita yang kurang memahami bahkan tidak memahami sama sekali apa arti dan pentingnya bela Negara.

Dan terima kasih tadi Dandim 0824 Jember dan Ka Bakesbangpol telah menjabarkan betapa rentannya Bangsa Indonesia ini semakin kedepan, untuk itu dengan adanya acara ini semoga kita bersama seluruh mahasiswa disini mudah-mudahan hal ini dapat kita jadikan inspirasi dalam mengabdikan diri kepada masyarakat nantinya, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (sis24)

Baca juga:  Kodim Sosialisasikan Demplot VUB Pajale ke Petani Kamal Bangkalan

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel