Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Danramil 0811/06 Plumpang Bersama Kadivre Bojonegoro Terjun ke Sawah

Dibaca: 1 Oleh 12 Apr 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TUBAN- Danramil 0811/06 Plumpang Kapten Inf Istoha, menilai selama ini serapan gabah petani pada masa panen raya padi oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Tuban belum maksimal. Akibatnya sebagian gabah hasil panen petani dijual kepada pedagang atau tengkulak. Hal tersebut disampaikan pada saat ditemui di kantornya, Senin (11/4/2016).

“Kalau data persentase gabah yang diserap Bulog di Wilayah Kec Plumpang, berapa saya tidak tahu rincinya. Tapi menurut saya belum cukup banyak. Jadinya ya gabah dijual ke pedagang,” kata dia. Danramil 0811/06 Plumpang yang mantan Pasi Inteldim 0811, mengaku tidak tahu alasan belum optimalnya serapan gabah oleh Bulog. Yang pasti menurut dia, tengkulak yang diuntungkan bila gabah tidak diserap oleh Bulog.

Kapten Inf Istoha juga mengungkapkan, ada opini di masyarakat, menjual gabah ke Bulog sulit. Penyebabnya persyaratan yang rumit. Pandangan tersebut sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Opini yang muncul sejak dulu, menjual gabah ke Bulog itu susah, dengan persyaratan yang rumit. Petani sulit menembus gudang Bulog. Ini yang membuat serapan gabah oleh Bulog kurang.Sehingga perlu dilakukan penjelasan kepada para petani melalui Gapoktan ataupun Poktan.

Baca juga:  Bersama TNI, Warga Bangkalan Membuat Jamban Untuk Hidup Sehat

Danramil Plumpang menyarankan perlu adanya pembenahan prosedur penyerapan gabah petani oleh Bulog. Pendekatan itu mesti dilakukan untuk mengimbangi program kedaulatan pangan. Program peningkatan produksi padi untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional harus diikuti dengan peningkatan kapasitas penyerapan hasil panen padi oleh Bulog.

Menyikapi hal ini, Danramil bersama Kadivre Bojonegoro Bapak Ifdal terjun langsung di Lapangan wilayah Kecamatan Plumpang untuk melihat langsung tanaman padi yang akan dipanen dan sekaligus menemui para petani untuk melakukan pendekatan dengan petani.

Dengan demikian akan diperoleh langsung informasi yang jelas mengenai kondisi gabah kering panen yang akan diserap oleh Bulog wilayah Kabupaten Tuban. Setelah melihat kondisi padi di area persawahan wilayah Kecamatan Plumpang, diharapkan Bulog wilayah Kab Tuban bisa menyerap gabah petani sesuai harga yang di tetapkan pemerintah. Dengan demikian petani tidak dipermainkan lagi oleh tengkulak dan penyerapan gabah oleh Bulog bisa maksimal.Tegas Danramil Plumpang.(Penrem 082/CPYJ ).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel