TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danramil 0824/22 Balung Berikan Wasbang Kepada Pelajar SMA

By 27 Apr 2016 10:49Kodam V/Brawijaya
jember1

Rabu 27/04 Pukul 15.00 Wib Bertempat Lapangan Kec Balung Kab Jember dilaksanakan Upaca Pembukaan Pembinaan Kader Bela Negara oleh Bakesbangpol Pemkab Jember bekerjasama dengan Kodim 0824 Jember.

Peserta adalah siswa siswi SMA se Kecamatan Balung berjumlah 300 orang, dan acara dibuka oleh Ka Bakesbangpol Pemkab Jember Drs Widi Prasetyo M.Pd, dalam sambutannya Widi Prasetyo menyampaikan agar para peserta mengikuti dan menyerap materi yang akan diberikan oleh instruktur dengan sebaik-baiknya.

Pentingya pembinaan generasi muda untuk dijadikan sebagai kader bela negara merupakan suatu kebutuhan mendasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, hal tersebut tidak lepas dengan semakin melunturnya jiwa juang, patriotisme, rasa cinta tanah air dan rasa bela negara dikalangan generasi muda.

Dalam pembinaan kader bela negara yang sudah dilaksanakan diberbagai tempat tersebut kepada peserta diberikan materi Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Kewaspadaan Dini Masyararakat, Latihan Penanggulangan Bencana Alam, Pendidikan Baris Berbaris dan lain-lain, yang dilaksanakan selama 2 hari dan menginap.

Komandan Koramil 0824/22 Balung Kapten Inf Sondah Krisyamto yang berkesempatan memberikan materi Wawasan Kebangsaan, pada kesempatan tersebut Sondah Krisyamto mengajak kepada para peserta untuk lebih menyadari dan memahami terhadap kondisi saat ini dan masa yang akan datang.

Berbagai peristiwa yang ada saat ini adanya pertikaian antar golongan dan perkelahian antar pelajar merupakan bagian yang mengancam kehidupan berbagsa dan bernegara, hal tersebut tentunya akibat ketidak pahaman kita terhadap adanya proxy war, karena memang dalam proxy war sendiri memanfaatkan pihak ketiga dan seterusnya untuk menjadi pemerannya sehingga tidak jelas siapa kawan dan siapa lawan.

Betapa rentannya bangsa kita terhadap isu-isu, betapa mudahnya kita terprovokasi oleh keadaan, penyebaran narkoba disemua lini, hal inilah yang dijadikan momentum oleh pihak pihak tertentu dalam mengembangkan proxy war, untuk itu adik-adik sebagai kader sebagai generasi penerus nantinya hendaknya mampu memahami berbagai situasi yang ada sehingga tidak salah dalam bersikap dan bertindak.
Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, SIP saat kami konfirmasi secara terpisah menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemerintah Kab Jember melalui Bakesbangpol terkait dengan dilaksanakannya Pembinaan Kader Bela Negara yang sudah berjalan selama beberapa tahun ini dan hingga saat ini sudah sekitar 4000 peserta dari berbagai elemen masyarakat di Kab Jember.
Dipilihnya siswa-siswi SMA dan SMK oleh Bakesbangpol memang sangat tepat sekali, karena pada usia-usia tersebutlah generasi kita mengalami masa transisi menuju kedewasaan, sehingga pada usia tersebut rentan terhadap bahaya narkoba, pengaruh budaya asing dan lain-lain.
Dengan dilaksanakannya Pembinaan Bela Negara seperti ini tentunya akan memberikan tambahan wawasan dan pemahaman terhadap situasi yang ada disekitarnya, dan yang lebih penting lagi mereka memiliki kemantapan rasa cinta tanah air dan rasa bela negara sebagai calon pemimpin dimasa mendatang. (sis24)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danramil 0824/22 Balung Berikan Wasbang Kepada Pelajar SMA