TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danramil Tanamkan Wawasan Kebangsaan pada staf dan Lurah wilayah Kecamatan Krembangan Surabaya

By 25 Apr 2016 15:10Kodam V/Brawijaya
was3

Surabaya,- Dalam upaya memberikan pencerahan kepada elemen masyarakat khususnya staf kecamatan dan lurah bertempat di Balai Kecamatan Krembangan Kota Surabaya, Danramil 0830/01 Krembangan jajaran Kodim 0830/Surabaya Utara, Mayor Czi Muhammad Lutfi Beta, melaksanakan kegiatan pembekalan Wawasan Kebangsaan dan bela negara kepada staf kecamatan dan lurah sewilayah Krembangan Surabaya, Senin 25 April 2016.

Dalam materinya, Danramil Mayor Czi Muhammad Lutfi Beta menyampaikan tentang pentingnya Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi generasi muda sebagai tulang punggung bangsa yang kelak akan memimpin negeri dan bangsa tercinta ini.  Perlunya pemahaman di kalangan organisasi kepemudaan tentang 4 Dasar Konsensus Berbangsa dan Bernegara, yakni Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika serta tentang pentingnya bela negara demi keutuhan NKRI.

Bila kita sudah memahami, menghayati/meresapi 4 Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara, maka yakinlah tidak akan ada lagi fanatisme sempit keagamaan, primodialisme (rasa kedaerahan) yang berlebihan dan perpecahan yang mengarah pada disintegrasi bangsa.

Sedangkan menurut Camat Krembangan Drs. Yanu Mardianto M.Si, mengatakan “kami sangat berterima kasih pada Bapak Danramil yang telah memberikan materi wawasan kebangsaan pada staf dan lurah Krembang.  Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaan guna pemberdayaan dan penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pada nilai Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Drs. Yanu Mardianto M.Si, mengajak masyarakat untuk menguatkan barisan yang kokoh dalam menjaga wilayah NKRI. Untuk menjadi bangsa yang kuat, masyarakat harus bersatu.  Ibarat lidi yang hanya sebatang maka hanya mampu untuk mencongkel gigi dan mudah dipatahkan. Tapi jika batangan sapu bisa berkumpul menjadi satu, maka akan menjadi sapu yang mampu membersihkan halaman dan akan menjadi sulit untuk dipatahkan. “Untuk itu mari kita bangun kesatuan kita. Banyak cara untuk menyatukannya, salah satunya adalah bergotong royong,” ujarnya

Hadir dalam kegiatan tersebut ± 50 orang terdiri dari staf kecamatan dan lurah serta tamu undangan.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danramil Tanamkan Wawasan Kebangsaan pada staf dan Lurah wilayah Kecamatan Krembangan Surabaya