TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Guru dan Siswa SMP-SMA Kartika I-4 Pematangsiantar Terima Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

By 27 Apr 2016 14:00Kodam I/Bukit Barisan
wasbang sma kartika (wartawan)

Wawasan kebangsaan penting ditanamkan pada setiap warga negara sebagai proses pembentukan sikap moral agar memiliki kecintaan terhadap tanah air dalam memelihara kesinambungan kehidupan bangsa dan terpeliharanya NKRI. Terlebih bagi bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, bangsa, agama dan adat istiadat.

Demikian dikatakan Dr. Dodi Susanto (Derektur Klinik Pancasila) dari Universitas Indonesia saat memberikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bagi Guru dan siswa SMP/SMA Kartika I-4 Pematangsiantar, Rabu (27-4-16).

Pemahaman nilai-nilai wawasan kebangsaan merupakan kebutuhan mutlak, terutama bagi generasi muda guna menanamkan sikap nasionalisme di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi informasi saat ini, sekaligus untuk mengembangkan nilai-nilai luhur seperti yang tercermin dalam Pancasila dan UUD 1945. Apabila perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi tidak disikapi secara arif maka akan sangat berpengaruh kepada sikap perilaku seseorang khususnya generasi muda maupun pelajar.

Selain itu Wawasan kebangsaan juga bertujuan untuk mencegah segala perilaku negatif yang diakibatkan dari pengaruh tekhnologi informasi yang berkembang begitu pesat saat ini, termasuk ancaman penyalahgunaan Narkoba yang kini sudah menjadi bencana nasional termasuk tindak kriminal lainnya, jelasnya.

Dalam kesempatan itu,  Letkol Mar Umar Hidayat Pabandya I Siter Mabes TNI juga mengatakan, Wawasan kebangsaan ini perlu ditumbuhkan dilingkungan pendidik, pertahankan idiologi Pancasila, mengisi kemerdekaan ini bisa mencontoh para leluhur kita terdahulu, dan ini dapat ditanamkan kepada para anak didik, karena banyak permasalahan dunia yang akan dihadapi, dengan wawasan kebangsaan ini kita dapat mewaspadai dan mengatasinya. Selain itu, para generasi muda terdidik secara mental dan spiritual serta bernilai akhlak yang terpuji. Namun, tidak lepas dari peran guru yang sangat penting, ucapnya.

Dengan ditanamkannya wawasan kebangsaan terhadap generasi muda, kita berharap kehidupan bangsa ke depan menjadi lebih baik lagi. Apalagi dalam era globalisasi dewasa ini yang menuntut bangsa yang maju dan memiliki daya saing, jelas Letkol Mar Umar Hidayat.

Sementara itu, Kasiterrem 022/PT, Mayor Inf Dwi Putranto, SAP mengatakan, kita harus munculkan lagi nilai-nilai kebangsaan dan rasa nasionalisme dan ini perlu dijelaskan kepada para anak didik, rasa patriotisme dan nasionalisme dalam rangka bela Negara agar terus ditumbuhkan lagi.

Para siswa SMP/SMA yang menjadi peserta sosialiasi ini diharapkan akan menjadi agen yang mengimplementasikan nilai-nilai wawasan kebangsaan itu di tengah masyarakat, ungkap Mayor Inf Dwi Putranto, SAP.

Kegiatan ini diikuti oleh 530 orang, terdiri dari 28 orang Guru, 6 orang Staf Pegawai dan 496 orang siswa SMP dan SMA kartika I-4 Pematangsiantar.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Guru dan Siswa SMP-SMA Kartika I-4 Pematangsiantar Terima Sosialisasi Wawasan Kebangsaan