TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jelajahi Pulau Terluar  Korem 033/Wp Gelar Ekspedisi Gurindam Sakti 2016

By 14 Apr 2016 14:14Dinas Penerangan
korem 033c

Wilayah Korem 033/Wira Pratama adalah daerah yang lebih banyak perairannya dibanding daratan yang hanya sekitar 5 %, menarik dan strategisnya wilayah ini adalah pulau-pulau yang ada merupakan pulau-pulau terluar yang berbatasan lansung dengan negara tetangga Malaysia, Singapura dan Vietnam.

Ada 19 pulau terluar yang menjadi tugas tanggung jawab Korem 033/WP, eksistensi pulau-pulau tersebut harus dipastikan secara nyata dalam konteks mempertahankan wilayah kedaulatan NKRI. Lebih dari itu upaya untuk pemberdayaan wilayah pulau-pulau terluar merupakan sebuah keniscayaan agar jangan sampai kasus masa lalu akibat kurang perhatian dan waspada akhirnya pulau tersebut beralih kepemilikan  ke negara lain.

Berangkat dari pemikiran dan pertimbangan semacam itulah, Korem 033/WP mengagas kegiatan menjelajahi pulau-pulau terluar di Kepulaun Riau (Kepri) dalam bentuk “Ekspedisi Gurindam Sakti 2016. Adapun tujuan Ekspedisi ini adalah pertama, Memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit agar memiliki kemampuan dalam menjelajah daerah kepulauan, rawa, laut, sungai dan pantai kedua  Mendata pulau-pulau  yang berpenduduk  atau belum berpenduduk sekaligus mendata segala potensi sumber daya alam (SDA) dan potensi bencana alam yang mungkin terjadi dan ketiga Melaksanakan kegiatan serbuan territorial (Baksos, karya bhakti, penyuluhan, jambanisasi) terhadap masyarakat di wilayah pulau guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka kemanunggalan TNI-Polri dan rakyat.

Kegiatan Ekspedisi ini akan berlansung selama 1 bulan penuh dan pelaksanaan pemberangkatan lansung dilepas oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung   bersama Danrem 033/WP Brigjen TNI Madsuni dihadiri  Wagub, Kapolda dan jajaran FKPD Kepri.

Setiap Kodim-Kodim di Korem 033/WP telah membuat program kegiatan Ekspedisi   yang melibatkan hampir 300 personel gabungan berbagtai profesi TNI-Polri, unsur  kementerian, lembaga negara, instansi pemerintah daerah, mahasisiwa, pencinta alam, Pramuka dan elemen masyarakat lain demi visi dan misi yang sama dalam menjaga, memelihara dan menyelamatkan pulau-pulau milik bangsa sendiri. (Adrizal)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kostrad Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan Kodam XII/Tanjungpura Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Jelajahi Pulau Terluar  Korem 033/Wp Gelar Ekspedisi Gurindam Sakti 2016