TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jiwa Semangat Kartini Mengubah Kesetaraan Gender

By 18 Apr 2016 15:55Puspen TNI
kartini

(Puspen TNI). Sejarah  panjang yang dilakukan Ibu Kita Kartini yang beliau lakukan mampu mengubah kesetaraan gender di Indonesia, beliau juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita. Demikian dikatakan Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsda TNI Bambang Samoedro, S.Sos., M.M. saat membuka Lomba Bola Voli Putri Kartini Cup XVI Tahun 2016, di GOR. Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (18/4/2016).

Lebih lanjut Aspers Panglima  TNI  mengatakan bahwa nama Kartini sudah tidak asing lagi bahkan dalam kehidupan sekarang ini, sikap para remaja dan pemudi putri yang mencerminkan cita-cita luhur Ibu Kita Kartini.

“Kaum wanita tidak bisa meninggalkan kodratnya sebagai perempuan, sekarang semakin tampak bahwa, dalam mendukukkan dirinya sebagia sesama pejuang bangsa, telah dapat menempatkan diri wanita Indonesia sebagai pejuang yang tidak ingin dikatakan nomor dua terhadap kaum laki-laki, tidak berlebihan kiranya jika wanita sekarang ini sudah mampu berbicara sejajar dengan kaum laki-laki,” imbuh Aspers Panglima TNI.

Dampak dari perjuangan R.A. Kartini  yang sangat dapat dirasakan hingga saat ini sesuai dengan buku karangan beliau yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang” dimana sejak saat itu keseimbangan antara pria dan wanita semakin jelas, wanita akhirnya mampu membuktikan bahwa mereka tidak hanya dilahirkan untuk bergumul didalam rumah, menunggu takdir dan menjalankan  kewajiban melayani serta berpendidikan rendah.

“R.A. Kartini telah berhasil menggelorakan gagasan kemanusiaan kaum wanita dan menggugat hak azazi kemanusiaan, hak-hak persamaan, kemerdekaan untuk hidup bermasyarakat dan menikmati kebahagiaan hidup selaku anugerah Tuhan kepada segenap manusia,” ungkap Marsda TNI Bambang Samoedro, S.Sos., M.M.

Aspers Panglima TNI berharap, bahwa melalui penyelenggaraan pertandingan Bola Voli Putri Kartini Cup XVI Tahun 2016, semangat perjuangan R.A Kartini dapat terus ditanamkan dan digelorakan pada seluruh kaum wanita terutama anggota Wanita TNI, PNS TNI dan anggota Dharma Pertiwi. Pertandingan Bola Voli Putri Kartini Cup yang diikuti 12 tim terbagi 3 kelompok yaitu, Wanita TNI, PNS Wanita dan anggota Dharma Pertiwi Kemhan, Mabes  TNI dan Angkatan, tahun ini sudah yang ke-16 kalinya diselenggarakan.

“Kegiatan ini sebagian salah satu sarana menumbuh kembangkan minat olahraga bola voli khususnya Putri dan sebagai upaya seleksi pemain berbakat untuk dipersiapkan dalam pertandingan Piala Panglima TNI tahun 2016, serta untuk menghadapi pertandingan Liga Nasional Bola Voli Putri Tahun 2016,” imbuh Marsda TNI Bambang Samoedro, S.Sos., M.M..

Mengakhiri sambutannya Marsda TNI Bambang Samoedro, S.Sos., M.M. mengucapkan selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas, tunjukkan permainan yang terbaik sesuai tema Hari Kartini tahun ini “Semangat Kartini”, tingkatkan kreativitas dan jiwa kompetisi menuju prestasi Liga Voli Putri Nasional Tahun 2016.

Sebagai informasi kita diketahui bersama prestasi yang telah dicapai : Tim Wanita TNI : Putri AD Juara IV  Liga Voli Utama Nasional, mewakili PBV TNI dan Juara III Panglima Cup 2015, Tim putri TNI AL Juara II Divisi 1 dan II Panglima Cup 2015 dan TNI AU ranking V Liga Voli utama Nasional dan Juara  I Panglima Cup 2015. Tim Persit KCK Juara I Dharma Pertiwi Cup 2016, Jalasenastri Juara III Dharma Pertiwi Cup 2016, Pia Ardya Garini Juara II Dharma Pertiwi Cup 2016, Tim PNS Putri TNI AD Juara I Panglima Cup 2015 dan PNS Putri AL Juara III Panglima Cup 2015 serta PNS Putri AU Juara II Panglima Cup 2015.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro Kodam II/Sriwijaya Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Jiwa Semangat Kartini Mengubah Kesetaraan Gender