TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasad : Apel Dansat, Sarana Evaluasi dan Forum Diskusi

By 12 Apr 2016 08:42SIARAN PERS, Dinas Penerangan
apel dansat

Apel Komandan Satuan (Dansat) jajaran Angkatan Darat merupakan sarana untuk evaluasi hasil pembinaan satuan dan kepemimpinan Dansat yang dilakukan pada Tahun Anggaran 2015 sekaligus sebagai forum diskusi para Dansat yang membahas berbagai hal yang terkait dengan kepemimpinan, dihadapkan pada dinamika tantangan tugas yang terus berkembang.  Hal tersebut disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono kepada wartawan usai memimpin upacara pembukaaan Apel Komandan Satuan Angkatan Darat Terpusat Tahun Anggaran 2016, bertempat di daerah latihan Infanteri Pusdikif Pussenif Kodiklad TNI AD Cipatat, Jawa Barat, Senin (11/4).

Apel Dansat TNI AD terpusat Tahun 2016 ini, diselenggarakan dengan semangat untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ditemukan di satuan-satuan jajaran   TNI AD, sehingga dapat dirumuskan secara lebih jelas konsep pembinaan yang harus dilakukan oleh unsur pimpinan atau Komandan Satuan untuk mengatasinya.  Semangat tersebut tercermin pada tema kegiatan yang telah ditetapkan, yaitu “Reaktualisasi Kepemimpinan Dansat Guna Memantapkan Soliditas, Profesionalitas dan Militansi Prajurit TNI AD Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok”.

apel dansat1

Apel Dansat  yang dilaksanakan setiap awal tahun anggaran ini, untuk menyamakan pemahaman para Komandan Satuan berkaitan dengan pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI AD, yang selanjutnya kebijakan tersebut dijabarkan dalam pelaksanaan program kerja satuan, agar mampu mencapai sasaran terwujudnya satuan yang siap operasional dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

Muara dari kegiatan Apel Dansat ini adalah terwujudnya kesiapan operasional satuan yang optimal, serta prajurit-prajurit yang profesional, yaitu prajurit yang disiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri dan memiliki fisik yang prima. Disamping itu, para prajurit di satuan-satuan jajaran TNI AD juga harus mampu memerankan dirinya sebagai insan teritorial, yang keberadaannya ditengah-tengah masyarakat sekitar satuan selalu memberikan manfaat. Kemanunggalan TNI-Rakyat harus senantiasa disadari dan dipedomani sebagai roh pengabdian TNI AD kepada masyarakat, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apel Dansat TNI AD terpusat Tahun Anggaran 2016 ini diikuti oleh 302 Komandan Satuan jajaran Angkatan Darat, dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 11 hingga 15 April  2016. Kegiatan yang dilaksanakan dalam apel Dansat yaitu ceramah dan evaluasi dari para pejabat internal TNI AD, kegiatan psikologi lapangan, teknik dan taktik tempur, ilmu medan, HTF, kesegaran jasmani, olahraga militer, serta diskusi bidang Binsat. Diskusi-diskusi yang akan dilaksanakan difokuskan kepada materi Binsat yang menyoroti tuntutan dan tantangan tugas ke depan berdasarkan tipologi wilayah perkotaan, wilayah perbatasan, daerah rawan, daerah kepulauan serta daerah satuan tersebar, dan pada akhir kegiatan rencananya akan dilaksanakan renungan suci. (Dispenad)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Pengumuman Kodam II/Sriwijaya Puspen TNI Kodam V/Brawijaya Kodam Iskandar Muda Korps Pegawai Republik Indonesia KORPRI TNI AD Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasad : Apel Dansat, Sarana Evaluasi dan Forum Diskusi