TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kiprah Pengabdian Tim Ekspedisi NKRI di Distrik Arguni

By 11 Apr 2016 22:32Puspen TNI
20160410201231

Kiprah Pengabdian Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 Subkorwil-8/Kaimana dengan berbagai macam kegiatan diantaranya membuat Rumah Seni, Pengecetan Masjid Al-Hudah, Pelajaran mengaji dan Penyuluhan Kesehatan serta Pemberian Kelambu yang berlangsung mulai tanggal 4 s.d. 11 April 2016 di Kampung Tanusan Distrik Arguni Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

Tim Ekspedisi NKRI Berangkat menuju Distrik Arguni Bawah dengan menempuh waktu selama 8 jam menggunakan Kapal Perintis dengan pemandangan alam yang terbentang indah dan menawan serta keindahan laut dengan adanya pusaran air yang menurut info dari rakyat bahwa pusaran ini dikarenakan pertemuan air surut dari dua arah dan menjadikan pertemuan ditengah kemudian menjadikan pusaran air.

Rasa letih dan lelah terasa hilang ketika melihat warga mulai dari orang tua, anak-anak dan perangkat desa menyambut dengan tarian adat setempat serta diterima dengan simbolis pengalungan bunga dengan tanda telah diterima oleh adat dan warga setempat.

Kegiatan pertama bidang pengabdian masyarakat dibantu masyarakat sekitar membuat rumah seni yang berada di depan balai Kampung Tanusan dengan dukungan dari Pemda Kab. Kaimana. Pembuatan rumah seni ini nanti bertujuan untuk tempat mencurahkan kreasi seni yang dibuat masyarakat serta bisa untuk tempat bermain anak anak serta tempat baca bagi pelajar juga sebagai wadah akomodasi bagi pengerajin  seni kampung Tanusan. Rumah seni dibuat oleh Tim Ekspedisi sebagai aksi nyata dalam menghadirkan dan mengangkat kebudayaan  lokal setempat yang selama ini sangat di nantikan oleh warga Tanusan Distrik Arguni Bawah.

Menurut Ketua adat setempat Bapak H. Awaludin mengucapkan, “ terima kasih dengan kehadiran Tim Ekspedisi, kami sangat senang dan berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan serta bisa terus menerus di Kampung Tanusan yang berkesinambungan nantinya”, pungkas  Bapak H. Awaludin Ketua Adat Tanusan.

Kegiatan kedua pengecatan masjid Al-Hudah dilakukan agar masjid sekitar dikampung tersebut menjadi indah dan bersih. Masjid Al-Hudah merupakan saran ibadah yang sangat vital bagi masyarakat sekitar.  Warna dinding yang sebagian besar sudah terlihat kusam dan kurang enak dipandang mata karena sudah cukup lama tidak mendapat perawatan. Tim Ekspedisi tergerak melihat kondisi salah satu sarana ibadah yang banyak digunakan umat Islam Kampung Tanusan yang sudah selayaknya dilakukan pengecetan.

Warga Kampung Tanusan yang mayoritas beragama Islam ini sangat senang sekali dengan pengecetan terhadap Masjid Al-Hudah yang dilakukan Tim Ekspedisi karena memang warnanya sudah mulai kusam. Warga juga berharap kegiatan ini bisa berlanjut kedepan agar kampung ini jadi bersih dan indah.

Selain itu, Tim Ekspedisi  melaksanakan penyuluhan kesehatan  diwakili oleh saudari Indah Mahasiswi bidang kebidanan, yaitu tentang alat kontrasepsi KB kepada seluruh masyarakat Kampung Tanusan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab. Kaimana. Pelaksanaan penyuluhan ini juga mendukung program pemerintah untuk mengatur jarak kelahiran dan program 2 anak lebih baik.

Penyuluhan ini disampaikan kepada masyarakat Kampung Tanusan Distrik Arguni Bawah dikarena belum banyak yang tahu tentang fungsi dan manfaat sebenarnya tentang alat kontrapsepsi. Selain sebagai mencegah atau mengatur kelahiran, pemakaian kondom bisa mengurangi penularan penyakit HIV/AIDS dan penyakit lainnya. Pelaksanaan penyuluhan ini diikuti oleh ibu-ibu warga Kampung Tanusan dengan sangat senang karena selama ini penyuluhan dalam bidang kesehatan masih sangat minim, apalagi menyangkut bahaya penularan penyakit HIV/AIDS bagi masyarakat.

“Penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi warga Kampung Tanusan, karena selama ini warga belum semua memahami tentang manfaat alat kontrasepsi serta bahaya dari wabah HIV/AIDS yang setiap saat mengancam”, tutur Ibu Ita warga Kampung Tanusan.

Kegiatan keempat Tim Ekspedisi NKRI Papua Barat Subkorwil-8/Kaimana berkerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab.Kaimana membagikan kelambu kepada masyarakat Kampung Tanusan Distrik Arguni Bawah. Kegiatan ini sengaja dilakukan oleh Tim Ekspedisi karena disinyalir banyak warga yang terserang penyakit demam berdarah. Tim Ekspedisi berkerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab.Kaimana tergerak untuk membantu masyarakat Kampung Tanusan untuk membagikan kelampu guna mengurangi gigitan nyamuk pada waktu tidur malam hari.

Pelaksanaan pembagian kelambu yang bertempat di Balai Desa Kampung Tanusan ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. “Kami sangat senang menerima pembagian kelambu dari Tim Ekspedisi, dengan pembagian kelambu ini kami bisa tidur tenang dengan tidak diganggu dengan nyamuk lagi”, ujar Pak Udin salah satu perwakilan warga yang menerima kelambu. Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Czi Berlin G. S.Sos., M.M.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam VI/Mulawarman Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kiprah Pengabdian Tim Ekspedisi NKRI di Distrik Arguni