TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam II/Swj Siap Dukung Program Kegiatan Balai Teknik Perkeretaapian

By 08 Apr 2016 06:29Kodam II/Sriwijaya
_DSC0012

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson S.Ip, Kamis (7/4/2016) menerima audiensi para pejabat Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumbagsel yang dipimpin oleh Bpk. Suranto (Kepala Balai Teknik Perkeretaapian) bertempat di Ruang Tamu Pangdam II/Swj, Palembang.

Dalam kesempatan audiensi tersebut, Bpk Suranto menjelaskan bahwa kunjungannya ke Kodam II/Swj selain memperkenalkan diri dan bersilaturahmi juga memaparkan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumbagsel. Bapak Suranto juga menyampaikan berbagai permasalahan dilapangan terkait operasional teknik perkeretaapian di wilayah Sumbagsel, seperti sterilisasi lahan/tanah Negara yang dipertanggungjawabkan dan pengamanan jalur kereta api dari aktifitas masyarakat yang berpotensi menimbulkan kecelakaan serta terkait daerah latihan militer yang dilalui jalur kereta api.

Pangdam II/Swj yang didampingi Asintel Kasdam II/Swj Kolonel Inf M. Nasrullah Nasution, Wakapendam II/Swj Letkol Inf Paiman dan Pabandya Komsos Sterdam II/Swj Mayor Arm Ifien A menyambut baik kunjungan silaturahmi tersebut. Pangdam II/Swj juga menegaskan bahwa Kodam II/Swj, sebagai alat Negara di bidang pertahanan pada prinsipnya mendukung dan siap membantu program-program pemerintah daerah, termasuk program kegiatan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumbagsel.

Namun, bentuk dukungan dan bantuan kerja sama tersebut harus ada regulasi, melalui prosedur perjanjian kerjasama (MoU). Melalui kesepakatan perjanjian kerjasama ini, maka Kodam II/swj akan dapat melaksanakan pendampingan tugas yang dilaksanakan oleh Balai Teknik Perkeretaapian. Sedangkan secara teknis dan detil, terkait rencana bentuk kerjasama (MoU) tersebut dapat dikomunikasikan dan dirumuskan secara bersama.

Pangdam II/Swj juga menjelaskan bahwa berdasarkan UU RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, salah satu tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang, antara lain adalah mengamankan objek  vital nasional yang bersifat strategis dan tugas membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Oleh sebab itu, Kodam II/Swj juga telah melaksanakan kerja sama dengan sejumlah lembaga, seperti dengan Dinas Pertanian dan Bulog, terkait swasembada pangan, dengan PT. PLN, tentang Penguatan Binter dan bantuan dalam pelaksanaan tugas pemerintah di bidang ketenagalistrikan dan lain sebagainya.

Kegiatan audiensi yang berlangsung dalam suasana penuh keakraban dan kehangatan tersebut, akhiri dengan sesi foto bersama Pangdam II/Swj dengan para pejabat Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumbagsel.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Berita Satuan Kodiklat Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam II/Swj Siap Dukung Program Kegiatan Balai Teknik Perkeretaapian