TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam II/Swj Terima Sosialisasi Penyelenggaraan Bintal Satuan

By 20 Apr 2016 08:35Kodam II/Sriwijaya
ss

Palembang, Tim dari Dinas Pembinaan Mental TNI AD (Disbintalad) yang dipimpin Kolonel Inf Yoyo Subrolarang, S.Sos, Selasa (19/4/2016) melaksanakan sosialisasi tentang penyelenggaraan pembinaan mental satuan (Garbintalsat) di Gedung Nasution Makodam II/Swj Palembang. Kegiatan sosialisasi yang berlangsung selama dua hari sampai dengan tanggal 20 April 2016 ini diikuti oleh 52 perwakilan Perwira dari seluruh satuan jajaran Kodam II/Swj.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson S.Ip dalam amanat tertulis yang dibacakan Kabintal II/Swj Kolonel Inf Suwanto mengatakan bahwa pembinaan mental merupakan bagian dari perawatan personel dan pembinaan personel serta sebagai implementasi dari pembinaan kekuatan TNI khususnya pembinaan di bidang kejiwaan. Tujuannya adalah agar setiap prajurit TNI dalam setiap tindakannya selalu dilandasi moral, semangat, dan motivasi yang tinggi sehingga terbentuk insan prajurit yang bertumpu pada jati dirinya dan telah terbina secara serasi, selaras serta seimbang.

Lebih lanjut dikatakan Pangdam II/Swj bahwa kualitas mental dan moral yang baik merupakan syarat mutlak  bagi setiap  prajurit dan PNS untuk  dapat melaksanakan tugas pokoknya, secara optimal di satuan. Mental merupakan unsur yang sangat penting karena sebagai  pendorong  dan  pengendali  tingkah   laku perbuatan manusia, sehingga kekurangan unsur fisik dan intelektual dapat diatasi dengan moral yang tinggi dan semangat juang yang tangguh.

Sementara itu, Kolonel Inf Yoyo Subrolarang, S.Sos dalam paparan sosialisasinya menjelaskan tentang pentingnya Garbintalsat dalam rangka meningkatkan kinerja satuan, membangun etos kerja prajurit, menegakkan hukum, disiplin dan tata tertib serta menyamakan persepsi dan pemahaman serta  pelaksanaan Bintal di satuan jajaran TNI AD.

Dibagian lain paparannya, Kolonel Inf Yoyo Subrolarang, S.Sos juga menjelaskan bahwa  penyelenggaraan bintal satuan dimaksudkan untuk mewujudkan mental yang tangguh bagi prajurit dan PNS beserta keluarganya  dalam mendukung tugas pokok TNI AD. Sedangkan sasarannya adalah terlaksananya  pembinaan mental di satuan sehingga terwujud disiplin, etos kerja dan kinerja satuan secara optimal guna menghadapi perkembangan lingkungan strategis.

Kolonel Inf Yoyo Subrolarang, S.Sos juga menyampaikan Moto Bintal yaitu “ tak kenal maka tak sayang… ”kenali agama dan adat istiadat budaya mu, kenali agama dan adat istiadat budaya teman sahabat mu…beribu kali kamu bertemu beribu kali kamu bersatu”

Pada kegiatan upacara pembukaan sosialisasi Garbintalsat ditandai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan penyematan tanda peserta sosialisasi. Dalam kesempatan tersebut, seluruh peserta juga melaksanakan pengisian lembaran tes penelusuran pengetahuan tentang Bintal. (Pendam II/Swj).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam II/Swj Terima Sosialisasi Penyelenggaraan Bintal Satuan