TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0809/Kediri Proyeksi Serapan Gabah (Sergab) Petani, Dilakukan Secara “Step By Step”

By 12 Apr 2016 05:45Kodam V/Brawijaya
step

KEDIRI- Proyeksi Kodim 0809/Kediri untuk Serapan Gabah (Sergab) petani, dilakukan secara “step by step” berawal dari kordinasi lintas Institusi hingga langsung ke objek pertanian di lapangan. Usai menyinkronkan validasi data antara Disperta dengan BPS beberapa waktu yang lalu, sejumlah perwakilan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) se Kabupaten dan Kota Kediri, dikumpulkan di Makodim Kediri, untuk mensosialisasikan serapan gabah petani, baik teori maupun prakteknya kedepan. 312 petani yang tersebar di 29 Kecamatan dan 156 Desa se Kota dan Kabupaten Kediri, diajak kumpul bareng, untuk lebih dalam membuka ruang dialogis pada visi serapan gabah, Senin (11/04/2016).

“Peran petani dalam mewujudkan impian swasembada pangan, sangatlah vital dan dominan, bahkan cenderung menjadi tulang punggung pangan nasional. Disamping itu, kemitraan berbasis komunikasi, antara petani dengan Bulog atau petani dengan Babinsa, untuk mendorong pasokan Bulog, khususnya yang ada di Kediri, sangat perlu dilakukan,” kata Dandim Kediri Letkol Inf Purnomosidi.

Kepala Disperta Kabupaten Kediri, Imam Widodo Santoso juga menjelaskan, bila kondisi produksi sektor pertanian, khususnya padi mengalami peningkatan di Kediri saat ini, secara kalkulasi, otomatis hasil gabah dari petani juga meningkat. Demikian juga sarana dan prasarana yang telah dihibahkan oleh Pemerintah Pusat, bertujuan untuk mendongkrak produksi pangan nasional, agar ketergantungan terhadap produk impor berkurang.

“Bapak Menteri Pertanian telah memberikan sinyal pada Bulog, untuk lebih terbuka menerima seluas-luasnya dari daya jangkau penerimaan gabah dari petani. Nantinya bapak-bapak (petani) yang kurang paham apa yang saya maksudkan, bisa langsung kontak dengan Babinsa yang ada di tiap Desa,” kata Kepala Bulog Sub Drive V Kediri Wahyu Sutanto.(Penrem 082/CPYJ ).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro Kodam II/Sriwijaya Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0809/Kediri Proyeksi Serapan Gabah (Sergab) Petani, Dilakukan Secara "Step By Step"