TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Lakukan Penghijauan Daerah Terpencil, Kodim 0811 Tuban Tanam 1500 Bibit Pohon

By 01 Apr 2016 06:57Kodam VI/Mulawarman
7(1)

Tuban. Kodim 0811/Tuban melakukan aksi penanaman pohon di kawasan terpencil Dusun Pencol Desa Campurejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Rabu (30/3)pagi, dengan menanam1500 bibit buah-buahan yaitu pohon Nangka, Srikaya dan Jambu Merah. Acara penanaman dipimpin oleh Kasdim 0811/Tuban Mayor Inf Suko Edi Winarto, S.Sos yang dihadiri Direktur Manggrove Center Tuban, Muspika Kecamatan Rengel dan diikuti 150 orang dari anggota Koramil (Rengel, Soko, Plumpang dan Widang), anggota Polsek Rengel, anggota Kecamatan Rengel, Tagana dan masyarakat sekitar lokasi.
Kegiatan diawali dengan upacara, dalam sambutannya Kasdim 0811/Tubanmenjelaskan akan pentingnya penghijauan sehingga harus dilaksanakan secara konseptual dan menyeluruh agar krisis lingkungan dapat diatasi. Betapa penting dan kompleknya peran tumbuhan di muka bumi ini, tumbuhan hijau mengambil CO2 dan mengeluarkan O2 yang sangat dibutuhkan makhluk hidup. Oleh karena itu, peranan tumbuhan hijau sangat diperlukan untuk menjaring CO2 dan melepas O2 kembali ke udara. Di samping itu berbagai proses metabolisme tumbuhan hijau dapat memberikan berbagai fungsi untuk kebutuhan makhluk hidup yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan.
“ Langkah nyata yang dipelopori aparat teritorial ini hendaknya kedepan terus disebarluaskan kepada warga masyarakat betapa pentingnya penghijauan seperti ini. TNI akan terus menjadi motor dan memotifasi masyarakat agar lebih peka dan peduli terhadap lingkungan alam yang kelak akan kita wariskan kepada anak cucu kita. Penghijauan menjadi kewajiban untuk dilakukan secara berkesinambungan oleh semua elemen masyarakat “. Tutur Kasdim.
Selesai kegiatan upacara dilanjutkan dengan penanaman secara simbolis oleh Kasdim 0811/Tuban, Muspika Kec. Rengel kemudian dilajutkan bersama-sama oleh anggota TNI/Polri dan masyarakat. Kegiatan terlihat ramai dan semarak terbukti kahadiran masyarakat sekitar cukup banyak dan antusias.
Penanaman pohon ini, selain dalam rangka penghijauan, juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan minat menanam pohon yang mempunyai nilai ekonomi. “Secara ekonomi, menanam juga punya manfaat besar. Bibit yang ditanam bisa menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi sendiri tanpa harus beli, bahkan laku untuk dijual saat panen ”. kata Suko disela-sela kegiatan penanaman.
Keseluruhan pohon tersebut ditanam di sepanjang jalan Desa Pencol yang mengarah ke bantaran Sungai Bengawan Solo, dan beberapa lahan yang berada di sekitar bantaran,karena DesaPencol merupakan Desa terpencil dan termasuk wilayah terdampak banjir dari luapan Sungai Bengawan Solo Desa Campurejo Kec. Rengel pada saat musin hujan.(Penrem 082/CPYJ ).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Lakukan Penghijauan Daerah Terpencil, Kodim 0811 Tuban Tanam 1500 Bibit Pohon