TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam I/BB Buka Apel Dansat

By 26 Apr 2016 06:00Kodam I/Bukit Barisan
dansat

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung Buka Apel Dansat Kodam I/BB di Lapangan Rindam I/BB Jalan Sipinggol-Pinggol Pematang Siantar, Senin (25/4).

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung dalam amanatnya  menyampaikan bahwa, apel Komandan Satuan Kodam I/BB Tahun 2016, merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan apel Dansat TNI AD yang dilaksanakan di Cipatat pada tanggal 11 s.d 15 April 2016. Apel Dansat bertujuan untuk menyamakan persepsi para Komandan Satuan tentang pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI AD. Selanjutnya kebijakan tersebut harus dijabarkan dalam pelaksanaan program kerja satuan, agar mampu mencapai sasaran terwujudnya satuan yang siap operasional dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam I/BB.

Disamping itu, apel Komandan Satuan juga merupakan sebuah forum untuk membahas berbagai hal yang terkait dengan kepemimpinan lapangan, dihadapkan pada dinamika tantangan tugas yang terus berkembang, sekaligus merupakan forum evaluasi hasil pembinaan satuan dan kepemimpinan para Komandan Satuan yang dilakukan pada tahun sebelumnya. Hasil evaluasi umum menunjukkan masih banyaknya sasaran program yang tidak tercapai secara maksimal, serta masih tingginya angka pelanggaran. Prestasi satuan, penguasaan kemampuan militer dasar oleh prajurit, kebersihan dan ketertiban pangkalan serta tingkat pelanggaran anggota adalah tolak ukur yang dapat digunakan untuk menilai tingkat keberhasilan kepemimpinan yang diterapkan oleh para Dansat. Tidak tercapainya hal-hal tersebut dengan baik, merupakan indikator belum tertanamnya karakter keprajuritan secara kuat dalam diri para prajurit Kodam I/BB. Dengan kata lain, program pembinaan satuan yang dilaksanakan oleh para unsur pimpinan hingga saat ini belum mencapai hasil yang optimal untuk mewujudkan satuan yang siap operasional.

Lebih lanjut Pangdam I/BB mengatakan, apel Dansat Kodam I/BB pada Tahun 2016, diselenggarakan dengan semangat untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ditemukan di satuan-satuan jajaran Kodam I/BB sehingga dapat dirumuskan secara lebih jelas konsep pembinaan yang harus dilakukan oleh unsur pimpinan atau komandan satuan untuk mengatasinya. Semangat tersebut tercermin pada tema kegiatan, yaitu “Reaktualisasi kepemimpinan Dansat guna memantapkan soliditas, profesionalitas dan militansi prajurit TNI AD dalam rangka mendukung tugas pokok”.

Tema tersebut juga mengandung pesan moral kepada para Dansat agar meningkatkan kepedulian dan perannya secara profesional untuk melakukan pembinaan satuan sebagai upaya untuk mewujudkan sumber daya prajurit yang profesional dan tangguh dengan memberdayakan potensi satuan secara optimal. Komandan satuan di era sekarang ini sudah harus meninggalkan manajemen ketakutan dalam memimpin anak buahnya. Kehadiran sosok pimpinan di tengah-tengah anak buah bukanlah untuk ditakuti atau dihindari, tetapi ditunggu-tunggu untuk bersama-sama memajukan organisasinya.

 Pangdam I/BB berharap agar para Komandan Satuan benar-benar menanamkan prinsip bahwa kehadirannya bukanlah menambah masalah, tetapi menjadi bagian dari solusi, baik secara internal di satuannya sendiri, maupun di lingkungan sekitar satuannya. Kembangkan ilmu dan seni kepemimpinan maupun manajemen yang tepat dalam membina satuannya sesuai dengan tipologi wilayah. Tugas dan tantangan nyata dalam pembinaan satuan saat ini adalah membentuk prajurit yang disiplin, terlatih dan bertanggung jawab, meningkatkan kemampuan sumber daya prajurit dalam penguasaan teknologi dan informasi serta menumbuhkembangkan budaya interaksi dan komunikasi antara pemimpin dengan yang dipimpin.

Apel Komandan Satuan Kodam I/BB diikuti oleh para unsur Komandan Satuan mulai dari Komandan Peleton sampai tingkat Komandan Batalyon baik satuan tempur maupun satuan bantuan tempur sejajaran Kodam I/BB yang pelaksanaannya mulai tanggal 25 s.d 29 April 2016. Hadir dalam kegiatan tersebut Para Danrem jajaran Kodam I/BB, Para Staf Ahli Pangdam I/BB, Danrindam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB dan Para Dansat jajaran Kodam I/BB.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura Kodam I/Bukit Barisan Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam I/BB Buka Apel Dansat