TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung melaksanakan panen perdana Padi Kartika I-82 Di Demplot Milik Yonif Raider 100/PS

By 01 Apr 2016 06:53Kodam I/Bukit Barisan
DSC_9133(1)

Dalam sambutannya Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung mengatakan sebagaimana diketahui bahwa program nasional swasembada pangan khususnya padi merupakan sebuah upaya untuk mengembalikan Indonesia sebagai Negara berbasis pertanian. Hal ini sesuai dengan program Nawacita pemerintah yakni “terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong”. Untuk itu Presiden RI Bapak Joko Widodo memberikan target swasembada pangan tiga Tahun untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri dengan program Indonesia berdaulat pangan. Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah tersebut, Kodam l/BB beserta jajarannya bersama-sama dengan pemerintah daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota sampai ke tingkat Desa telah melakukan upaya-upaya khusus untuk meningkatkan produksi Padi, Jagung dan Kedelai sesuai dengan instruksi Presiden yaitu terwujudnya swasembada pangan.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan, yang hadir di tempat ini dalam rangka membuktikan kesungguhan dengan memanen padi Kartika l-82 di Dem Area milik Yonif Raider 100/PS.  Ada sekitar 46 hektar sawah yang dijadikan sebagai Dem Area dari 100 hektar luas sawah di sekitar kesatriaan Mako Yonif Raider 100/PS. Hasil yang diperoleh dalam panen padi ini bisa menghasilkan sesuai target. Sebagaimana diketahui bahwa diseluruh jajaran Kodim diwilayah Kodam l/BB juga diadakan Demplot Padi Kartika l-82. Jika hasilnya belum sesuai target, perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui permasalahan yang menyebabkan target tidak tercapai. Hasil evaluasi dapat dijadikan sebagai bahan kajian untuk meningkatkan produksi dimasa yang akan datang. Sehingga penting dilakukan untuk bahan masukan kepada para petani melalui para penyuluh dan pendamping petani di wilayah masing-masing, setelah panen ini akan dilakukan penanaman Jagung dilahan Yonif Raider 100/PS.

Plt. Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi, MSI dalam sambutannya yang di bacakan Kepala Dinas Pertanian Provsu H. M. Azhar Harahap  mengatakan swasembada pangan merupakan salah satu program prioritas dalam pembangunan pertanian di Sumatera Utara, hal ini sesuai dengan arahan Presiden RI bahwa Indonesia harus mampu swasembada pangan  sampai Tahun 2017.

Lebih lanjut Plt. Gubernur Sumatera Utara menyampaikan, pada periode tanam Oktober 2015 sampai dengan  September 2016 Provinsi Sumatera Utara menargetkan tanam Padi sebesar 830.700 ha, dengan target Oktober 2015 sampai dengan Maret 2016 sebesar 418.496 ha. Sampai dengan saat ini telah tercapai realisasi tanam Padi sebesar 420.965 ha (100,59%). Produksi Padi tersebut masih berpotensi untuk ditingkatkan produktivitasnya yang saat ini sebesar 51,74 kw/ha dan akan terus mengalami kenaikan dengan tersedianya sarana dan prasarana termasuk penggunaan teknologi pertanian. Ketersediaan teknologi dan fasilitas lainnya tentu tidak cukup tanpa dukungan dari semua pihak dan pada kesempatan ini kami sampaikan apresiasi kepada Kementerian Pertanian RI dan TNI Angkatan Darat serta jajarannya serta para stakeholder pertanian seperti petugas penyuluhan pertanian, lembaga swadaya masyarakat / kontak tani Nelayan andalan untuk selalu berperan aktif mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk selalu  bekerja sama mewujudkan ketahanan pangan di Provinsi Sumatera Utara. Kita harus mempunyai keyakinan bahwa upaya pemerintah untuk memberhasilkan swasembada pangan akan dapat terwujud jika kita lakukan  dengan kerja tim yang baik. Sumatera Utara telah ditetapkan sebagai salah satu lumbung beras di Indonesia. Keberhasilan upsus di Sumatera Utara memerlukan dukungan dan peran dari penyuluh, Stake Holder, TNI  serta seluruh elemen masyarakat termasuk memberdayakan posko (possimpul koordinasi) mulai dari tingkat Desa, tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten sampai ke tingkat Provinsi.

 Usai melaksanakan panen perdana Padi Kartika I-82 di Demplot Milik Yonif Raider 100/PS Pangdam I/BB bersilaturahmi dengan insan media, dalam sambutannya Pangdam I/BB mengucapkan selamat datang di Lapangan Tembak Yonif Raider 100/PS dan terima kasih atas kehadiran rekan-rekan Pemred dan Insan Media. Tujuan latihan menembak dengan Insan Media adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara Insan Media dengan TNI. Insan Media khususnya wartawan harus merasakan bagaimana menembak, karena nantinya wartawan dapat juga dijadikan sebagai komponen cadangan apabila sewaktu-waktu Negara membutuhkannya.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan dengan berkomunikasi dan saling tukar informasi secara intens, manfaatkan kesempatan menembak ini untuk meningkatkan rasa percaya diri. Menembak juga bisa bermanfaat untuk mengatur dan menguasai emosi, penguasaan emosi bagi wartawan tentu sangat penting dihadapkan dengan tantangan tugas dalam memburu berita. Penguasaan emosi dan pengendalian diri bagi wartawan dapat mempengaruhi baik dan buruknya opini yang berkembang di masyarakat. Berkaitan dengan perkembangan situasi tentang Terorisme, Narkoba, Konflik Sosial, LGBT dan hal-hal lain yang dapat mengancam kedaulatan bangsa, oleh karena itu Pangdam I/BB berharap agar seluruh komponen Bangsa saling bahu membahu untuk mengatasi persoalan tersebut.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam I/BB, Kabinda Sumut, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam, Wakil Bupati Langkat, Sekda Kota Madya Binjai, Dansat Brimob Binjai, Dandim 0201/BS, Para Dandim jajaran Korem 022/PT, Ketua PWI Sumut dan Para Insan Media.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung melaksanakan panen perdana Padi Kartika I-82 Di Demplot Milik Yonif Raider 100/PS