TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panglima TNI : Jadikan Soliditas dan Solidaritas Sebagai Kata Kunci

By 13 Apr 2016 17:47Puspen TNI
bali

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berpesan kepada para delegasi bahwa jadikan kesamaan derajat, saling memahami, soliditas dan solidaritas sebagai kata kunci dalam membangun komunikasi dan kerjasama antar Angkatan Bersenjata dalam wadah CISM Asia. Demikian disampaikan oleh Penasehat Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) Mayjen TNI Endang Sodik mewakili Panglima TNI saat menutup CISM (Conseil International du Sport Militaire) Asia Meeting ke-4 Tahun 2016 di Hotel Discovery Kartika Plaza Jl. Kartika Kuta, Badung Bali, Rabu (13/4/2016).

Panglima TNI percaya, semua pemikiran yang diekspresikan pada pertemuan ini akan memberikan manfaat bagi segenap negara anggota CISM Asia dalam membangun komunikasi dan penguatan kerjasama, guna optimalisasi realisasi visi dan misi CISM Asia dalam koridor motto CISM dunia “Friendship Through Sport” and “Game for Peace”.

Hal ini penting dan harus menjadi pegangan segenap anggota CISM dalam melaksanakan aktivitas, karena dalam konteks regional Asia bahwa kemajuan CISM Asia akan sangat tergantung kepada soliditas dan solidaritas seluruh anggota, dan dalam konteks global CISM Asia harus menjadi salah satu organisasi yang mampu merepresentasikan kawasan Asia dalam menciptakan dunia yang bersahabat dan dunia yang damai, melalui program-program keolahragaan yang diagendakan.

Untuk itu, “selaku Panglima TNI dan atas nama pribadi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh delegasi Angkatan Bersenjata yang hadir pada pertemuan ke-4 ini, yang telah mengekspresikan segala pemikiran dan notulensi yang harus direalisasi bagi kepentingan bersama. Dengan berakhirnya pertemuan ini, dan bagi delegasi yang ingin langsung kembali ke tanah air, Panglima TNI menitipkan salam hormat kepada Panglima dan segenap prajurit Angkatan Bersenjata masing-masing,” kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

“Bagi delegasi yang masih menyisakan waktu dan melanjutkan kegiatan untuk ’side seeing’ di Bali dan/atau ke Provinsi lain di Indonesia, Panglima TNI mengucapkan selamat menikmati keanekaragaman, kedamaian dan keindahan Indonesia, dengan harapan kunjungan para delegasi akan semakin menambah wawasan dan pandangan bahwa kita semua ini bersahabat”, pungkas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Rapat pertemuan yang diagendakan 5 (lima) hari dari tanggal 11-16 April 2016 berakhir tanggal 13 April 2016 lebih cepat dari yang dijadwalkan, sehingga para delegasi peserta CISM Asia Meeting ke-4 diharapkan dapat menikmati keindahan Pulau Dewata.

Presiden CISM Asia Brigjen Baran Cheshmeh Mehr Ali (Iran) pada kesempatan sebelumnya saat penutupan sidang CISM ke-4 menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, TNI, Pemda Propinsi Bali dan Kab. Badung dalam penerimaan dan mendukung kegiatan CISM Asia Meeting ke-4 di Pulau Bali yang cantik dan indah.

Presiden CISM Asia juga memberi apresiasi kepada Pemerintah Republik Indonesia/TNI yang telah menunjukkan keberhasilannnya di kancah dunia dalam waktu singkat dengan organisasi CISM dalam penyelenggaraan World Parachuting di Solo tahun 2015, CISM Asia meeting ke 4 di Bali dan akan menyelenggarakan event berikutnya World Military Cadet Games tahun 2018 di Akmil Magelang dan Akademi Angkatan Udara di Jogyakarta. “Melalui motto ‘Friendship and Peace Through Sport’, Indonesia mempunyai ide bagus untuk pengembangan Olahraga Militer di Asia dan dunia. Ini adalah sangat penting dalam pengembangan organisasi CISM di masa yang akan dating,” ucapnya.

Disamping itu, Brigjen Baran Cheshmeh mengatakan pada posisinya sebagai Presiden CISM Asia mengucapkan terima kasih atas teroganisirnya pertemuan di Pulau Bali yang yang telah terlaksana dengan baik. Presiden CICM Asia tersebut sangat mendukung Indonesia dalam penyelenggaraan event berikutnya yaitu kejuaraan dunia Word Cadet Military Games 2018 di Indonesia.

Kesepakatan hasil sidang CISM Asia Meeting ke-4 di Bali ini akan disampaikan oleh Presiden CISM Asia dalam sidang General Assembly di Estonia pada akhir April tahun 2016, dan sebagai tuan rumah penyelengaraan CISM Asia Meeting berikutnya akan dilaksanakan di Iran pada tahun 2017.

Hadir pada acara penutupan diantaranya Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang diwakili Waketum 5 Bidang Kerjasama Dalam dan Luar Negeri & Pembinaan Hukum Olahraga KONI Marsda TNI (Purn) Suryadarma, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI I Made Sumantra, Wakil Ketua Umum KOMI Brigjen TNI Patut Sudarsono dan Pejabat Muspida Propinsi Kabupaten Bali.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima TNI : Jadikan Soliditas dan Solidaritas Sebagai Kata Kunci