TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pasi Ter Kodim 1006/Martapura Tanam Perdana Demplot Peningkatan Kapasitas Tanam Padi

By 28 Apr 2016 13:40Kodam VI/Mulawarman
20160428b

Sungai Tabuk  (26/4/16) Bertempat diwilayah Desa Binaan Koramil 1006-09/Sungai Tabuk tepatnya Lahan Percontohan BP3K Sungai Tabuk di KT. Sarma Desa Abumbun Jaya Jalur 8 Kecamatan Sungai Tabuk, Kab Banjar. Pasi Ter Kodim 1006/Mtp Kapten Inf Ramelan mewakili Komandan Kodim 1006/Mtp bersama Sekda Kab Banjar Bapak Drs.Nasrunsyah. Map, mewakili Bupati Banjar, Kepala BPTP (Balai Penelitian Tanaman Pangan) Prov. Kalimantan Selatan/ yang mewakili Kepala Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Prov Kalimantan Selatan, Perwakilan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov Kalimantan Selatan, Para Pejabat Lingkup Pemkab Banjar yang berhadir (Kepala Bapeluh Kab. Banjar & Kepala Distanbunak Kab. Banjar), Camat Sungai Tabuk beserta unsur Muspika,Kepala BP3K se-Kabupaten Banjar, Babinsa, Para Mantri Tani, Penyuluh Pertanian, THL, TBPP lingkup wilayah Kabupaten Banjar, khususnya di Kec. Sungai Tabuk dan para masyarakat Kelompok Tani.

Dalam acara tanam perdana Demplot pada peningkatan kapasitas pertanian ada dua alat mesin tanam.padi langsung di guna secara bersama-sama oleh Sekda Kab Banjar didampingi Pasi Ter Kodim Martapura, Kepala BPTP Prov Kal-Sel yang mewakili, Ka.BPTPH Prov yang mewakili, Kepala Distanbuanak Kab Banjar Bapak Ir. Dondit, Muspika Sungai Tabuk serta Bapelluh dan Manteri Tani

Tujuan daripada semua ini adalah bermakna untuk kita tanam padi dengan melihat sekaligus mencoba menggunakan alat mesin tanam ini Rice Transplanter yang merupakan alat bantuan pusat dari Kementrian Pertanian ternyata lebih efektif digunakan, jika sawah tersebut tidak kering dan selalu berair cepat dan akurat, ungkap Sekda Kab Banjar.

Sambutan Sekda Banjar membacakan amanat Bupati banjar : Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar kami sangat menyambut baik pada hari ini Kegiatan Tanam Perdana Padi Periode April-September sekaligus Demplot Peningkatan Kapasitas Balai Penyuluhan di Kecamatan Sungai Tabuk. Kita ketahui bersama daerah kita Kabupaten Banjar merupakan salah satu lumbung pangan yang ada di Kalimantan Selatan, hal ini tercermin dari karakteristik kondisi lahan yang sangat cocok untuk pengembangan komoditi pertanian.  Lahan pertanian kita ini  terdiri dari lahan irigasi ( 5,671 ha), tadah hujan (12,369 ha), rawa pasang surut (34,908 ha) dan rawa lebak (10,362 ha).  hampir 50 % lebih luas lahan pertanian di Kabupaten Banjar adalah rawa pasang surut termasuk Kecamatan Sungai Tabuk.

Namun juga kita pamerintah hal ini selalu mengedepankan  upaya dan kebutuhan masyarakat agar selalu tetap bisa menanam padi walaupun karena di sebabkan berbagai macam faktor salah satu faktor yang paling utama adalah dampak perubahan iklim (dpi) yaitu berupa kekeringan akibat el nino.

Sampai saat ini pula pemerintah Kabupaten Banjar terus berupaya mendukung sepenuhnya program pemerintah pusat dalam rangka mencapai swasembada padi jagung kedelai melalui program upsus (upaya khusus) pajale, untuk itu salah satu cara untuk meningkatkan produksi tersebut kita harus mengadopsi teknologi baik itu budidaya maupun teknologi mekanisasi.   Di era moderenisasi sekarang ini mekanisasi pertanian mutlak sangat di perlukan oleh petani.

Alhamdulillah di tahun 2015 kita  telah mendapatkan alokasi alsintan dari  dana APBN berupa : pompa air sebanyak 58 unit, hand traktor roda dua sebanyak 106 unit, rice transplanter sebanyak 5 unit, traktor roda empat sebanyak 4 unit, sedangkan dari dana APBD Kabupaten Banjar berupa : hand traktor sebanyak 15 unit, pompa air sebanyak 4 unit.

Pamerintah Kab Banjar juga mengucapkan banyak- banyak terimakasih kepada aparat teritorial khususnya Mitra kerja kita Kodim 1006/Martapura yang selalu bersama setiap saat mendampingi kita dalam menjalankan program Pamerintah yaitu Upsus pajale ketahanan pangan.

Mudah-mudahan kegiatan kelembagaan penyuluhan pertanian yang di fasilitasi ini dapat dijadikan percontohan bagi yang lainnya dalam penyelenggaraan penyuluhan di masing-masing kecamatan, sesuai  dengan Visi-Misi kami bersama Bupati Banjar Bapak H. Khalilurrahman untuk Kabupaten Banjar 2016 – 2021 menuju masyarakat yang sejahtera dan barokah. Aamiin. (Kodim 1006/Mtp)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Berita Satuan
Sort by

Pasi Ter Kodim 1006/Martapura Tanam Perdana Demplot Peningkatan Kapasitas Tanam Padi