TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penemuan Granat Ranjau Darat

By 05 Apr 2016 12:36Kodam IV/Diponegoro
granat

Magelang – Bamin Wanwil Koramil 20 Salaman Kodim 0705/Magelang,Pelda Solikhin bersama dengan anggota polsek Salaman mendatangi dan memeriksa lokasi penemuan granat jenis ranjau darat, di Dusun Kadiwongso RT 04 RW 02 Desa Ngadirejo Kecamatan Salaman.

Penemuan granat tersebut berawal ketika Ahmad Dhani (32), seorang tukang batu yang sedang menggali tanah untuk dibuat pondasi rumah, pada saat menggali tanah cangkulnya menyentuh benda keras yang dibungkus dengan jaket berwarna hitam, setelah diperiksa ternyata didalam bungkusan jaket tersebut terdapat sebuah benda berbentuk bulat, yang menyerupai seperti granat dengan berat sekitar 1,5 kilogram, karena khawatir dan ketakutan akhirnya  hal ini dilaporkan ke kantor koramil salaman dan polsek salaman.

Ranjau darat merupakan alat peledak yang ditanamkan kedalam tanah,dan akan meledak ketika disentuh atau diinjak oleh sebuah kendaraan, orang, atau binatang.

“Pada jaman dahulu ranjau darat ini digunakan untuk mengamankan daerah yang diperebutkan dan untuk membatasi pergerakan lawan dalam perang, karena senjata ini mempunyai efek merusak yang sangat hebat, dari hasil pemeriksaan granat jenis ranjau darat tersebut merupakan peninggalan jaman Belanda” ungkap Pelda Solikhin selaku Bamin Wanwil Koramil Salaman.

Kami mengucapkan terima kasih kepada warga yang sudah berkenan melaporkan kepada pihak yang berwajib sehingga bisa dicegah dan diantipsipasi kemungkinan-kemungkinan hal yang buruk terjadi, karena warga Desa Ngadirejo 3 tahun yang lalu pernah kejadian terkena ledakan granat. Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Ngadirejo yang mana lokasinya sangat dekat dengan lapangan tembak milik Akademi Militer,agar lebih berhati-hati pada saat ada latihan menembak dilapangan tembak tersebut.

Kepala Desa Ngadirejo Nur Kamid menuturkan terima kasih kepada warga yang sudah melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwajib, sehingga hal yang buruk bisa dicegah, dan barang temuan tersebut sudah dibawah pihak berwajib untuk diperiksa dan diamankan, sedangkan situasi di lokasi penemuan granat tersebut sudah aman terkendali warga sudah menjalankan aktivitasnya seperti semula. Kami juga berpesan kepada warga apabila mendapati hal yang sama segera laporkan ke pihak yang berwajib untuk segera di tindak lanjuti.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam VI/Mulawarman Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Penemuan Granat Ranjau Darat