TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pengolahan Sampah di Muntilan

By 15 Apr 2016 09:39Kodam IV/Diponegoro
IMG-20160414-WA0020

Muntilan. Danramil 14/Muntilan Kodim 0705/Magelang Kapten Inf Panggih, menghadiri peresmian tempat pengolahan sampah Dusun Ngemplak Desa Gondosuli Kecamatan Muntilan Kamis, (14/04/2016).

Pengolahan sampah yang di oleh KSM (kelompok swadaya masyarakat) Enggal Nyaman ini mendapatkan bantuan dari Departemen Lingkungan Hidup berupa kendaraan Tossa guna mengangkut sampah-sampah yang sementara melayani 5 dusun di Desa Gondosuli untuk selanjutnya diolah menjadi pupuk organik.

Peresmian dilakukan oleh Sekcam Muntilan Labaika Nugroho serta dihadiri Muspika Kecamatan Muntilan, DPU dan ESDM Kab Magelang,BLH kab Magelang,Kepala Desa dan perangkat Desa Gondosuli, tokoh masyarakat dan pengurus KSM pengolah Sampah disekitar Desa Gondosuli.

Kepala Desa Gondosuli, Abdul Fatih mengatakan bahwa Desa Gondosuli  yang wilayahnya termasuk padat penduduk kesulitan membuang sampah yang rata2 adalah sampah Rumah Tangga nantinya akan dikelola dijadikan pupuk organik oleh Kelompok KSM Enggal Nyaman yang dimotori oleh Nur Kabib.

Sedangkan Danramil Muntilan Kapten Inf Panggih  yang hadir dalam kesempatan tersebut mengajak Warga Gondosuli untuk peduli lingkungan dengan memanfaatkan pengolahan sampah tersebut, sehingga desa bisa bersih dan nyaman.

Setiap dua hari sekali dengan menggunakan dua kendaraan Tossa bantuan dari Kementerian  Lingkungan Hidup dan swadaya masyarakat, sampah-sampah yang telah dikumpulkan di dusun-dusun selanjutnya diolah menjadi pupuk organik di tempat pengolahan sampah yang berada di Dusun Ngemplak.

“Hasil olahan yang berupa pupuk organik selanjutnya rencana dipasarkan kepada Kelompok-kelompok Tani yang ada di Desa Gondosuli terlebih dahulu,” kata  Nur Kabib

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pengolahan Sampah di Muntilan