TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Praktek Alsintan Bagi Babinsa

By 18 Apr 2016 13:29Kodam IV/Diponegoro
al2

Batang, – Bertempat di Halaman Makodim 0736/Batang. Para Babinsa di bekalli pengenalan alat peralatan pertanian. Dalam kegiatan ini Alsintan yang didapat diantaranya 5  Transplanter, 5 Traktor Kecil, 10 Mesin Pompa Air dan 1 Traktor Besar.  Pelatihan Kader Pertanian bagi babinsa dalam rangka mendukung pembinaan Ketahanan Pangan di Wilayah Kodim 0736/Batang.

Pasiter 0736/Batang Kapten Inf Maryana yang mewakilli Dandim 0736/Batang Letkol Inf Fajar Ali Nugraha,S.Sos mengatakan,” bahwa pelatihan tersebut diikuti oleh para babinsa Dim 0736/Batang dengan mendapatkan Alsintan berupa 5 Traktor Kecil, 5 Transplanter, 10 Mesin Pompa Air  dan 1 Traktor Besar. Adapun pembagian antara lain : untuk transplanter dan Traktor Kecil di peruntukan bagi Koramil 01, Koramil 03, Koramil 10, Koramil 11 dan Makodim.  Mesin Pompa Air diperuntukkan bagi Koramil 01, Koramil 03, Koramil 04, Koramil 06, Koramil 07, Koramil 10, Koramil 11 serta Makodim.  Sedangkan Traktor Besar ditempatkan di Makodim 0736/Batang. Dengan adanya Alsintan bantuan dari Kementan RI diharapkan produksi padi akan meningkat sehingga bangsa Indonesia menjadi Negara Swasembada Pangan. Pada kesempatan tersebut  para babinsa dibekalli cara menjalankan Traktor. Agar nantinya dapat bersama – sama dengan petani untuk membajak sawah. Untuk pemberi pelatihan Alsintan Peltu Mujiharso Bati Puanter Dim 0736/Batang, “ ujar Pasiter Dim 0736/Batang.

Pasiter menambahkan,” tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk mendukung para babinsa di lapangan dalam rangka kerjasama dengan pertanian untuk menunjang Swasembada Pangan yang telah dilaksanakan MOU dengan Dinas Pertanian selama 3 tahun. Kegiatan ini termasuk Tugas Pokok TNI yang ke dua yaitu OMSP ( Operasi Militer Sebelum Perang ) dalam rangka membantu pemerintah mendukung pembangunan pemerintah Daerah, seperti yang tercantum dalam UU TNI Pasal 34 Tahun 2004. Dengan adanya bantuan Alsintan dari Kementan RI mudah – mudahan dapat mendapat Gapoktan yang membutuhkan alat peralatan tersebut. Bagi Gapoktan nantinya dapat menghubungi Koramil – koramil di wilayahnya yang mendapat alat bantuan ini,” tambah pasiter Dim 0736/Batang.

Kegiatan ini diikuti oleh Para Babinsa Dim 0736/Batang dengan disaksikan Para Danramil Dim 0736/Batang dan Pasilog serta Pasiter. Selanjutnya di lanjutkan acara serah terima dari Staf Kodim 0736/Batang kepada Koramil – koramil penerima alsintan agar nantinya dikelola untuk membantu Gapoktan maupun petani yang membutuhkan alat tersebut.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Praktek Alsintan Bagi Babinsa