TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Rasa Cinta Tanah Air Harus di Mulai Sejak Usia Dini

By 18 Apr 2016 10:47Puspen TNI
dni

Cinta tanah air harus dimulai  sejak usia dini, agar mereka lebih mengenal dan mencintai negaranya. Demikian dikatakan anggota Tim Ekspedisi NKRI, saat memberikan pemahaman Wawasan Nusantara kepada siswa gabungan kelas 1-6 di SD YPPGI Irai Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Minggu (17/4).

Pada kesempatan pertemuan ini Tim Ekspedisi NKRI memberikan materi wawasan kebangsaan kepada para siswa gabungan kelas 1-6 SD YPPGI Irai yaitu menyebutkan isi Pancasila, Pelatihan Baris Berbaris (PBB) dan menceritakan cita-cita mereka serta menghafal sekaligus menyanyikan lagu Indonesia Raya, karena dengan hafal lagu kebangsaan Indonesia Raya secara tidak langsung akan tumbuh dalam diri para siswa SD YPPGI untuk cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebelumnya Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-4/Mansel yang dipimpin oleh Mayor Inf Bram Pramudia diterima oleh Wakil Bupati Pegunungan Arfak Bapak Drs. Edi Budoyo dan disambut secara adat dengan tarian tradisional tumbuk tanah serta pelaksanaan apel pagi.

Tarian tumbuk tanah merupakan cara penyambutan yang menjadi ciri khas masyarakat Pegunungan Arfak dalam menyambut tamu. Filosofi tarian tumbuk tanah adalah kedekatan diantara penari,  ini diperlihatkan dengan satu sama lain penari saling bergandengan erat dan membentuk gerakan bersama memperlihatkan keakraban dan penerimaan tamu secara baik.

Dalam sambutannya Dansubkorwil-4/Mansel Mayor Inf Bram Pramudia mengatakan, semoga sambutan ini akan menjadi awal yang baik terkait kerjasama kedua pihak, agar kegiatan yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Pegunungan Arfak.

Lebih lanjut Mayor Inf Bram Pramudia menyampaikan, Tim Ekspedisi NKRI akan berada di Kabupaten Pegunungan Arfak selama 3 minggu. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan selama kegiatan ekspedisi. Diantaranya penelitian flora dan fauna, kehutanan, penjelajahan, pemeriksaan kesehatan, pendataan potensi bencana, pembentukan desa siaga, pengabdian masyarakat dan pemberian materi cinta tanah air kepada anak-anak sekolah.

Sementara itu, Kasiops Ekspedisi NKRI Kapten Inf Fictor Situmorang menambahkan, sebelumnya tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-4/Manokwari Selatan ini telah melaksanakan kegiatan di distrik Ransiki, Oransbari, Mowimaren, Isim, dan Neney. Dengan mengusung tema “Peduli dan Lestarikan Alam Indonesia”, Tim Ekspedisi NKRI bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat, membantu dan mendukung perkembangan pembangunan daerah, serta mendata sumber daya alam. (Puspen TNI).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Rasa Cinta Tanah Air Harus di Mulai Sejak Usia Dini