TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Resik-Resik Kota

By 08 Apr 2016 14:54Kodam IV/Diponegoro
DSC_0248

Program Kodam IV/ Diponegoro Jumat Bersih, Sabtu Hijau, Minggu Sehat di contoh dan di aplikasikan oleh Pemkab Wonosobo (8/4). Acara tersebut dipimpin oleh Sekda Wonosobo yang didampingi ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kajari. Dandim menyartakan anggota dan Persit KCK cabang XXVII Kodim  Wonosobo melaksanakan bersih kota bersama komponen masyarakat, bermula dari Taman Plaza Wonosobo sepanjang jalan Diponegoro dan berakhir di Alun-alun Wonosobo.

Bupati dalam sambutannya yang di wakili Sekda Eko Sutrisno menyampaikan, beberapa hal. Di tahun 2020 diharapkan Wonosobo menjadi kota Zero Sampah, di harapkan partisipasi masyarakat untuk membantu Program Pemerintah dalam mewujudkannya. Di antaranya buanglah sampah pada tempatnya, tingkatkan kepedulian tentang kerapihan lingkungan.

Beberapa taman terus dipercantik, bertujuan untuk menyediakan ruang bagi masyarakat untuk bersosialisasi, meluangkan waktu bersama keluarga. Salah satu taman kota yang selalu dipenuhi masyarakat sekitar adalah taman kota di dekat pasar induk Wonosobo, tepatnya di pojok persimpangan jalan menuju pasar yang beberapa waktu lalu terbakar. Kursi taman tersebar di sepanjang taman Menariknya, taman ini meskipun tidak terlalu luas, terletak di persimpangan jalan, tetapi terlihat bersih dan rapi. Tanaman yang hijau dan bersih dari daun kering memperlihatkan taman terawat dengan baik.

Sejalan dengan visi Wonosobo green city, konsep pembangunan diwujudkan dalam moto Wonosobo greening, flowering, dan enjoying. Greening dengan tujuan untuk meningkatkan proporsi ruang terbuka hijau dengan program penghijauan dan pembukaan ruang terbuka hijau baru. Flowering, mengembangkan konsep kota bunga, dalam rangka mempercantik ruang terbuka hijau yang menunjang potensi pariwisata di Kabupaten Wonosobo. Enjoying, dimaksudkan agar ketersediaan lingkungan lebih layak, nyaman dan sehat. Pemkab menyediakan fasilitas publik agar memberikan kenyamanan kepada warganya  Fasilitas taman juga cukup lengkap, terdapat beberapa kursi dari semen yang tersebar di sepanjang taman. Pohon-pohon rindang, lebat dan banyak sehingga meskipun dipojokan kota yang padat lalulintas, tetapi tetap sejuk dan tidak terasa panas. Tempat sampat tersedia dengan jumlah yang cukup, menyediakan pemilihan sampah organik dan non organik. Tersedia air siap minum  Yang lebih menarik, di taman ini disediakan air siap minum dengan satu kran yang terdapat setelah pintu masuk. Kran air bersih dan dalam kondisi kering. Airnya sejuk segar dan tak kalah dengan air minum yang biasa diminum dari sumber air alami. Ini yang keren, karena jarang-jarang taman kota menyediakan air siap minum gratis dan bersih. Toilet yang disediakan cukup bersih, berada di pojok taman. Tersembunyi di bawah pepohonan rindang. Air yang mengalir lancar dan bersih. Toilet cukup bersih, tersamarkan pohon dan dedaunan Menurut pedagang yang sering berjualan di sana, taman ini sering dikunjungi warga masyarakat dan selalu ramai. Meskipun kecil tetapi bersih dengan fasilitas yang memadai. (Pendim 0707/Wsb)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Resik-Resik Kota