TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Seleksi Sekolah Di TNI AD Semakin Ketat

By 14 Apr 2016 16:53Kodam II/Sriwijaya
selektif

Palembang, Untuk kepentingan karir dan jenjang pangkat yang lebih tinggi dalam kehidupan militer khususnya TNI AD, diperlukan adanya pendidikan lanjutan khususnya bagi para Perwira TNI AD. Namun dalam menempuh pendidikan lanjutan bagi Perwira, masih dibutuhkan persyaratan-persyaratan tertentu, tidak semua Perwira bisa mengikuti Pendidikan begitu saja. Untuk Diklapa II, misalnya para peserta harus mengikuti seleksi beberapa tahap sampai dinyatakan lulus dan ikut pendidikan.

Seleksi Diklapa Tahap II sangat ketat walaupun dari berbagai kecabangan, sebenarnya banyak Perwira yang memenuhi syarat secara administrasi dan masa dinas perwiranya, namun alokasi terbatas. Sehingga digelarlah seleksi dari tingkat Satminkal, Kotama dan tingkat Pusat.

Kaajendam II/Swj Kolonel Caj Eko Waluyo Setyantoro dalam pengarahannya kepada para peserta seleksi Diklapa II di Mako Ajendam II/Swj, Kamis (14/4/2016) mengatakan agar para peserta mempersiapkan diri secara maksimal dalam mengikuti seleksi ini, dimana ada beberapa tahapan yang akan dilaksanakan. Adapun tahapan seleksinya untuk tingkat Kotama meliputi ; Seleksi Administrasi, Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes), Kesegaran Jasmani (Garjas), Pemeriksaan Psikologi (Rik Psi), Pemeriksaan Kesehatan Jiwa ( Rik Keswa)) dan Test Akademik.

Seleksi diikuti dari beberapa satuan baik Satuan Tempur (Satpur), Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) dan Bantuan Administrasi (Banmin) satuan jajaran Kodam II/Swj berjumlah 31 orang, seluruhnya Pria dan akan dilaksanakan selama tiga hari. Yang memenuhi syarat dan dinyatakan lulus selanjutnya bisa mengikuti seleksi tahap berikutnya.

“Tahap berikutnya, seleksi administrasi dan rapat penentuan yang dilaksanakan oleh Tim Staf Umum Angkatan Darat (SUAD). Bagi peserta yang sudah lulus tingkat pusat, mengikuti pendidikan selama empat bulan di Pusat Pendidikan (Pusdik) kecabangan masing-masing”, jelas Ka Ajendam II/Swj. (Pendam II/Swj).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Seleksi Sekolah Di TNI AD Semakin Ketat