TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Setelah Penrem 052/Wijayakrama, Kini Giliran Penrem 051/Wijayakarta Terima Asistensi Pendam Jaya

By 07 Apr 2016 15:34Kodam Jaya
pendam

Selasa lalu Penrem 052/Wkr kedatangan tim asistensi Pendam Jaya, hari ini giliran Penrem 052/Wkt yang menerima asistensi yang dipimpin Wakapendam Jaya Letkol Caj Supadmo di ruang Media Center Korem 051/Wkt, Cikarang Jababeka, Bekasi, Kamis (7/4/16).

Tim Pendam Jaya memberikan asistensi kepada anggota Penrem 051/Wkt sejak pagi hingga siang hari. Kapenrem 051/Wkt Kapten Inf Bona Ventura bersama 10 orang anggotanya menerima dan memberikan informasi tentang pelaksanaan tugas khususnya publikasi jajaran Korem 051/Wkt. Sementara dari Pendam Jaya Tim Asistensi sebanyak 6 orang yang dipimpin Wakapendam Jaya Letkol Caj Supadmo, dengan pengikut Mayor Caj (K) Yuni P (Kasimedol), Mayor Inf Bunzamin J (Kasimedtak), Kapten Arh Simon Edward Sirait (Kasimedlek) dan Serka Marliz Y.N.

Sebelum asistensi dimulai, Wakapendam Jaya Letkol Caj Supadmo menyampaikan tujuan kedatangan Pendam Jaya sebagai pembina fungsi penerangan bukan sebagai tim pemeriksa.

“Tujuan asistensi ini untuk memdampingi Penrem dalam melakukan publikasi, dan bukan untuk mencari kesalahan, tetapi bagaimana ke depan agar Pendam Jaya dengan Penrem Timur ini bisa selaras mempublikasika kegiatan TNI maupun Kodam Jaya terutama di jajaran Korem 051/Wkt” kata Wakapendam Jaya.

Wakapendam Jaya juga menambahkan agar anggota penerangan menyadari perannya sebagai ujung tombak publikasi.

“Sebagai insan penerangan kita harus menjadi ujung tombak dalam hal publikasi agar Pendam Jaya sebagai barometer dari yang lain, bagaimana supaya kita bisa menjadi yang terbaik dalam melaksanakan pemberitaan atau publikasi,baik melalui media online,  media cetak maupun media elektronik” Tegas Wakapendam Jaya.

Sementara Kapenrem 051/Wkt Kapten Inf Bona Ventura menyampaikan tekad menjadikan anggota Penrem 051/Wkt sebagai bagian insan penerangan dan menjadi yang terbaik dalam melakukan publikasi berita dengan bersinergi dengan Pendam Jaya.

Kapten Inf Bona juga menyampaikan kegiatan publikasi yang dilakukan Penrem 051/Wkt saat ini merupakan kerjasama dengan Infolahta terutama pemberitaan melalui website, Penrem mengirim berita ke email Infolahta kemduain dipublikasikan oleh Infolahta.

Kegiatan asistensi yang dilakukan oleh Tim diawalai dengan penjelasan dari Kasimedol Mayor Caj (K) Yuni P tentang website, media sosial dan media online yang dilaksanakan Pendam Jaya.

Dalam penjelasannya Kasimedol menyampaikan kewajiban jajaran penerangan melakukan pencitraan TNI melalui publikasi sesuai dengan aturan yang berlaku. Kekuatan gambar yang diunggah di media sosial seperti Instagram mampu menarik dan membuat simpati dari banyak orang memberikan like atau menyukai. Hal ini sangat efektif dijadikan sarana publikasi saat ini.

Kasimedol juga mengharapkan personel Penrem terus belajar ke Infolahta cara mengoperasionalkan website sehingga berita jajaran Korem 051/Wkt selalu update.

Lebih jauh Kasi Medol menyampaikan agar melakukan pendekatan kepada para media atau wartawan sehingga banyak yang memuat berita Korem 051/Wkt di media onlinenya, kemudian link beritanya dikumpulkan dan dilaporkan ke Pendam Jaya.

Kemudian Kasimedtak Mayor Inf Bunzamin Jayatri menyampaikan tentang kegiatan pemberitaan di media cetak.  Beberapa hal yang disampaikan seperti  trend media cetak yang sebentar lagi akan ditinggalkan orang dan semakin dikit peminatnya, hal ini karena faktor kecepatan, berita sudah bisa dilihat menggunakan HP saat itu juga persitiwa terjadi.

Namun demikian, Kasimedtak tetap mengharapkan agar Penrem tetap membuat release sebanyak-banyak dan bisa menyeplit/memecah menjadi beberapa berita,  kemudian mengrimkannya ke wartawan binaan Korem 051/Wkt. Peran Kapenrem sangat dibutuhkan demi tayangnya atau dimuatnya berita yang dikirimkan. Manfaatkan berbagaai kegiatan Korem yang dapat memancing wartawan untuk datang dan mempublikasikannya.

Kasimedlek Kapten Arh Simon Edward Sirait saat mendapatkan giliran menyampaikan tugas-tugas pokok jajaran penerangan sesuai dengan dasar ST Kadispenad diantaranya anggota penerangan sebagai insan media diberi kebebasan melakukan publikasi atau pemberitaan kegiatan satuan. Juga bertanggung-jawab memonitoring dan merekam berita televisi daerah dan nasional tentang kegiatan Kodam Jaya.

Kasimedlek juga menyampaikan adanya kebebasan mengupload atau mengunggah kegiatan satuan ke media Youtube dengan username satuan masing-masing juga bisa mengunggah melalui fasilitas yang banyak diberikan oleh televisi seperi NET CJ. Hal ini membuka ruang yang seluasnya untuk publikasi satuan sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Usai para Kasi Pendam Jaya menyampaikan materi, kegiatan dialnjutkan dengan tanya jawab dan peninjauan pelaksanaan teknis ke ruang Infolahta dan Penrem Korem 051/Wkt.

Hasil peninjauan, matsus pen yang dimiliki berupa 2 unit Video Sony 1 unit dan 1 unit Merk Panasonic, 1 buah Handycam Sony, 4 buah Kamera DSLR Nikon (2 kondisi baik dan 2 kondisi rusak) dan 2 buah Tripod.

Tim juga meninjau kegiatan teknis publikasi berita dan update berita di Website Korem 051/Wkt yang ditangani oleh operator Serda Suyatno dari Infolahta Korem 051/Wkt.

Dalam penijauan itu Kasimedol memberikan praktek cara pembuatan akun di media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter serta pencarian dan pengumpulan link berita online dan media sosial kepada operator Serda Deni.

Asistensi yang dilakukan Pendam Jaya ke Penrem 051/Wkt dan Penrem 052/Wkr merupakan wujud perhatian Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo kepada seluruh insan penerangan untuk mejadi pejuang dalam “perang informasi diera kekinian”.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Setelah Penrem 052/Wijayakrama, Kini Giliran Penrem 051/Wijayakarta Terima Asistensi Pendam Jaya