TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tim Mabesad, Tinjau Serapan Gabah Petani ( Sergap ) di Mojokerto

By 28 Apr 2016 06:35Kodam V/Brawijaya
sergab8

Mojokerto (27/04). Dalam rangka mendukung dan mensukseskan Program Pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan menuju kedaulatan pangan, pada Rabu 27 April 2016 pukul 08.15 WIB, Tim Mabesad dipimpin Brigjen TNI Agus Heru P melaksanakan peninjauan serapan gabah di wilayah Kodim 0815/Mojokerto dengan sasaran area persawahan yang dikelola “Poktan Ngudi Rahayu” di Dusun Munung Desa Jumeneng Kec. Mojoanyar Kab. Mojokerto.

Tim Sergap dari Mabesad yang dipimpin Brigjen TNI Agus Heru P didampingi Danrem 082/CPYJ (Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo, S.IP) dan Dandim 0815/Mjk (Letkol Inf Djohan Darmawan), saat di lokasi peninjauan hasil panen Tim Mabesad bersama Kepala Bulog Sub Divre IV Surabaya Selatan (Drs Norman Susilo, MT) dan Kepala Dinas Pertanian Kab. Mojokerto (Ir. Suliestyowati, MM), melaksanakan pengecekan kadar air hasil panen sebesar 20 % dilanjutkan dengan pembelian gabah dengan harga Rp 3.800 /Kg dengan area panen 50 Ha dengan perkiraan hasil panen 350 Ton, setiap Ha perkiraan 7 ton, untuk pembayaran hasil panen selanjutnya akan dikawal oleh Babinsa dan Polsek Mojoanyar.

Hadir dalam kegiatan tersebut 50 orang antara lain Kolonel Arh Bambang Murtioso (Tim Mabesad), Pabandya Wanwil Sterdam V/Brawijaya (Letkol inf Nanang P), Kasi Terrem 082/CPYJ (Letkol Arh Muharto Cusuma), Muspika Mojoanyar, Danramil 0815/10 Bangsal (Kapten Inf Sumiarso), Pasi Terdim 0815 (Kapten Chb Djenal Abidin), Danpos Ramil Mojoanyar (Peltu Dandi Widagdo), PPL Kec. Mojoanyar (Ibu Sriatin), Kades Jumeneng beserta Perangkat Desa dan Gapoktan Ngudi Rahayu Ds. Jumeneng. Pukul 08.50 WIB Rombongan Tim Mabesad meninggalkan wilayah Ds. Jumeneng menuju lokasi peninjauan panen di Desa Karangkedawang Kec.Sooko.

Pukul 09.15 WIB Tim Mabesad (Brigjen TNI Heru P) dengan didampingi Danrem 082/CPYJ dan Dandim 0815/Mjk, Kadistan Kab. Mojokerto dan Ka Bulog Sub Divre IV Surabaya Selatan di Mojokerto tiba di area persawahan yang dikelola “Gapoktan Tani Mulyo” Desa Karang Kedawang Kec. Sooko Kab. Mojokerto, disambut oleh Muspika Sooko dan Kades beserta Perangkat Desa.

Di Area Persawahan, baik di Mojoanyar maupun di Sooko, Danrem 082/CPYJ (Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo, S.IP) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gapoktan atas kesediannya untuk hadir dalam acara peninjauan Tim Sergap dari Mabesad, Tim Sergap ini dibentuk dengan tujuan untuk mengawal para petani supaya lebih sejahtera dan agar hasil panen tidak dipermainkan oleh para tengkulak.

Penyampaian dari Brigjen TNI Agus Heru P, intinya bahwa dengan pertanian yang baik dapat memperbaiki dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, seperti memperbaiki pendidikan, membeli sandang dan papan (rumah) dan lain-lain, beliau mengharapkan agar para petani menjual beras dan gabah ke Bulog dengan harga sesuai dengan kualitasnya, dan Brigjen Agus juga berpesan untuk menyampaikan ke petani lainnya agar menjual gabah ke Bulog, dengan tujuan agar pemerintah dapat menjaga stok pangan nasional.

Acara dilanjutkan dengan dialog bersama para petani, dan pada pukul 10.00 WIB penyerahan pembelian gabah secara simbolis dari Kadinas Pertanian Kab. Mojokerto kepada perwakilan Pok Tani dengan harga per Kg berkisar Rp 3.700,- Rp 4.300,- dan Rp 4.600,- Disesuaikan dengan kadar air dan kekeringan gabah, kemudian dilanjutkan sesi foto bersama. Pukul 10.10 WIB Tim Sergap selesai melaksanakan peninjauan di Wilayah Kodim 0815/Mjk selanjutnya menuju wilayah Kodim 0814/Jombang,( Penrem 082/CPYJ )

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Pengumuman Kodam II/Sriwijaya Puspen TNI Kodam V/Brawijaya Kodam Iskandar Muda Korps Pegawai Republik Indonesia KORPRI TNI AD Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tim Mabesad, Tinjau Serapan Gabah Petani ( Sergap ) di Mojokerto