TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tim Monev Staf Khusus Kasad Tinjau Lahan Cetak Sawah Diwilayah Kodim 1006 Maratapura

By 13 Apr 2016 13:29Kodam VI/Mulawarman
201604013a

Martapura (13/04) Tim Monev Staf Khusus Kasad TNI AD Kolonel lnf Suparwanto pada tanggal 11 April 2016 pukul 16.30 Wita meninjau lokasi cetak sawah yang terletak di Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar didampingi Dandim 1006/Mtp Letkol Arm Andi Martopo SE, Pasi Ter Kapten lnf Ramlan, Kabag Sub Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kab Banjar Ibu Rosa Yulianda SPMP, Tim Pelaksana Cetak Sawah Zipur 8/GM Kapten Czi Slamet, Lettu Czi Obet.S, Danramil 1006-06/Mtp Kapten lnf Fathul Mubin, PPL dan Manteri Tani serta Babinsa.

Sebelum meninjau lokasi cetak sawah Tim Monev staf khusus Kasad ini terlebih dahulu menerima penjelasan sistematis letak dan cara kerja lahan cetak sawah karena menuju areal kita harus menggunakan perahu tandas Kadistan Kab Banjar dan Dandim 1006-06/Mtp.

Dalam kunjungannya tersebut ini pula tidak lain adalah memantau dan melihat secara langsung proses pembuatan lahan cetak sawah yang ada di daerah dilokasi Sungai Batang, beliau menerima penjelasan dari tim pelaksana cetak sawah bahwa daerah ini sebenarnya bukan rawa, lahan ini adalah dataran luas hanya saja ketika musim hujan semua lahan dataran tergenang air, apabila di musim kemarau semua tampak terlihat dataran.

Tim Monev staf khusus Kasad juga menyempatkan diri bertemu dan interaktif kepada Bapak Abidin selaku Anggota Kelompok Tani Batuah membenarkan disini jika ketika masuk musim penghujan sawah terendam , dimusim kemarau berubah menjadi sawah masyarakat, dan saya sudah hampir 13 tahun jadi petani dengan kondisi lahannya seperti ini kami anggap biasa saja karena masih bisa di tanami asal air turun sedikit dan ini pun jua berkat kerjasama Babinsa, PPL, Manteri Tani yang selalu mendukung, membantu dan mengarahkan kami dalam pertamina.

Dengan adanya bantuan kerja dari Pamerintah bersama TNI Khususnya Kodom 1006/Martapura kami berterimakasih memberikan kesempatan membuka lahan cetak sawah untuk masyarakat disini.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Arm Andi Martopo, SE mengatakan bahwa di Desa Sungai Batang RT. 03 Kecamatan Martapura Barat ini yang sudah dikerjakan lahan cetak sawah secara nyata ada dua Desa yaitu Desa Sungai Batang seluas 47,6 hektar dan Desa Sungai Batang Ilir seluas 40,61 hektar yang dibagi dua kelompok tani yaitu Poktan Batuah dan Poktan Beruntung.

Saat ini tahap pengerjaannya masih berlangsung, namun lahan yang sudah selesai pengerjaannya dalam waktu dekat akan segera kita tanam karena mengingat curah hujan kini mulai semakin kurang, sehingga percepatan tanam padi akan segera dilaksanakan, jenis padinya pun yang ditanam adalah benih padi unggul lokal atau siam saba karena menyesuaikan kondisi keadaan sawah itu sendiri, ucap Dandim. (Kodim 1006/Mtp)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kostrad Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan Kodam XII/Tanjungpura Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tim Monev Staf Khusus Kasad Tinjau Lahan Cetak Sawah Diwilayah Kodim 1006 Maratapura