TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tingkatkan Kemampuan Binter, Kodam II/Swj Gelar Pendidikan Susbater

By 06 Apr 2016 15:30Kodam II/Sriwijaya
2a

Palembang, Dalam rangka mengembangkan kemampuan Bintara TNI AD agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai Bintara Satuan Komando Kewilayahan yang handal dan berkualitas,   Kodam II/Swj melaksanakan pendidikan Kursus Bintara Teritorial (Susbater) TA. 2016 yang diikuti 40 Bintara, bertempat di Dodikjur Rindam II/Swj-Lahat, Sumsel.

Pendidikan Kursus Bintara Teritorial yang akan berlangsung selama 4 minggu ini, Rabu (6/4/2016) dibuka Danrindam II/Swj Kolonel Inf Agung Pambudi yang diwakili Komandan Dodikjur Rindam II/Swj Letkol Inf Ahmad Bastari, SE.

Dalam pendidikan tersebut, para Bintara yang berasal dari satuan jajaran Kodam II/Swj akan dibekali, dididik, dilatih dan digembleng dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan, seperti pengetahuan Binter, Dasar Binter, Metode Binter, Sisrendal Binter, ketrampilan Ketatalaksanaan Binter dan lain lain, sehingga nantinya mampu melaksanakan tugas sebagai Bintara Teritorial di satuan Komando Kewilayahan jajaran Kodam II/Swj.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.Ip dalam amanat tertulis yang dibacakan Komandan Dodikjur Rindam II/Swj mengatakan bahwa pemberdayaan wilayah pertahanan yang diimplementasikan melalui  Binter  merupakan  bagian dari tugas  pokok TNI  Angkatan Darat.

Dikatakan bahwa sesuai UU TNI  Nomor  34/2004, salah satu tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta. Dalam kaitan ini, sambung Pangdam II/Swj, maka TNI AD mewujudkan Sishanta melalui pemberdayaan wilayah pertahanan aspek darat, dengan menyelenggarakan Binter yang dilaksanakan oleh satuan jajaran TNI AD, terutama Satuan Komando Kewilayahan sesuai dengan jenjang dan tataran kewenangan yang dimiliki, mulai dari Kodam, Korem, Kodim dan Koramil bahkan sampai tingkat Babinsa.

Ditambahkan, bahwa keberadaan Babinsa sebagai ujung tombak pelaksana pembinaan teritorial atau garda terdepan dalam rantai Binter, memiliki kedudukan yang sangat penting dalam rangka menjaga keutuhan wilayah dan menegakkan kedaulatan negara serta melindungi dan memberi rasa aman kepada segenap warga masyarakat di wilayah tugasnya masing-masing.

“Idealnya, agar mampu menguasai desa binaannya dan melaksanakan tugasnya secara optimal, maka satu Babinsa hanya membawahi satu Desa saja, namun faktanya, ada satu Babinsa yang membawahi lebih dari 1 desa. Oleh sebab itu, melalui Susbater diharapkan dapat menambah pengetahuan para Bintara dalam mengemban tugasnya sebagai Babinsa yang handal dan profesional ”, pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, para Perwira, Gumil, Pembina dan Pelatih Rindam II/Swj serta seluruh peserta pendidikan Susbater Kodam II/Swj. (Pendam II/Swj).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam V/Brawijaya Berita Satuan Kodam XIV Hassanudin Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tingkatkan Kemampuan Binter, Kodam II/Swj Gelar Pendidikan Susbater