Skip to main content
Berita Satuan

TNI Kembali Temukan Ladang Ganja di Perbatasan RI-PNG

Dibaca: 3 Oleh 02 Apr 2016Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

(Puspen TNI. Sabtu, 2 April 2016). Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam hal ini Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) 406/Candra Kusuma, Purbalingga, Jawa Tengah, yang tengah melaksanakan tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) di wilayah RI-PNG dibawah pimpinan Letkol Inf Aswin Kartawijaya sebagai Komandan Satgas (Dansatgas), beberapa waktu lalu berhasil kembali menemukan ladang ganja di Dusun Kalilapar, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Puspen TNI Kolonel Czi Berlin G. S.Sos., M.M. di Jakarta, Sabtu (2/4/2016) mengatakan bahwasanya penemuan ladang ganja oleh Prajurit TNI di perbatasan RI-PNG ini untuk yang ketiga kalinya, dimana sebelumnya Satgas Pamtas telah berhasil menemukan ladang ganja sebanyak dua kali di wilayah Kampung Bompay.

Menurut Kolonel Czi Berlin, lokasi ladang ganja kali ini tepatnya di koordinat 9320-3525 dan berjarak 1,4 km dari salah satu Pos Satgas Pamtas yaitu Pos Kalimao. Di lokasi itu terdapat sekitar 38 batang pohon ganja setinggi 1 s.d 2,5 km.

Baca juga:  Danrem Tegaskan TNI Harus Netral Selasa, 24 Juni 2014

“Sampai dengan hari ini, prajurit Satgas Pamtas di Pos Kalimao yang dipimpin oleh Komandan Pos (Danpos) Lettu Inf Buyung dibantu Pasi Intel Satgas Kapten Inf Mulyo Hartono, sedang mengembangkan kasus tersebut untuk mengetahui pemilik ladang ganja serta melaksanakan pengecekan untuk menemukan keberadaan ladang ganja lain yang terindikasi masih terdapat di sekitar wilayah perbatasan RI-PNG,” ujar Kolonel Czi Berlin.

Disamping itu, Kabidpenum Puspen TNI juga menyampaikan bahwasanya Letkol Inf Aswin Kartawijaya sebagai Dansatgas Pamtas di Papua telah memerintahkan kepada seluruh prajurit Satgas Yonif 406/CK yang berada di Komando Taktis dan jajaran pos depan, agar selalu aktif melaksanakan patroli dan sweeping serta anjangsana ke rumah masyarakat untuk mengumpulkan informasi terkait ladang ganja yang tumbuh subur di kawasan perbatasan RI-PNG.

“Hal ini terbilang efektif dilaksanakan untuk mencegah peredaran miras, narkoba, ganja dan senjata api serta munisi. Terbukti sampai dengan saat ini Satgas Yonif 406/CK berhasil menemukan ladang ganja, mengamankan senjata laras panjang dan munisi tajam sebanyak 30 butir hasil dari kegiatan sweeping yang digelar,” tandas Kabidpenum Puspen TNI.

Baca juga:  Prioritas Kodam XII/Cen, Selesaikan masalah keamanan Papua

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel