Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

TNI Melebarkan Jalur Evakuasi

Dibaca: 95 Oleh 01 Apr 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Akses jalan merupakan sarana yang vital dalam pembangunan ekonomi bangsa Indonesia. Wilayah Wonosobo merupakan daerah perbukitan sehingga masih banyak daerah yang akses jalannya masih tertutup atau terisolir. Khususnya untuk daerah-daerah pedesaan jalan yang ada saat ini jalan setapak sehingga untuk mengangkut hasil pertanian masih mengalami kendala, dengan jalan yang semakin lebar maka ongkos produksi menjadi lebih murah serta cepat. Disamping sebagai sarana pertanian, manfaat yang di dapat adalah sebagai jalur jalur evakuasi apabila ada bencana alam seperti tanah longsor atau gunung meletus.

Untuk menyikapi permasalahan tersebut Koramil 06/Kertek bersama dengan masyarakat desa Pagerejo Kecamatan Kertek mengadakan kerja bakti pelebaran jalan untuk evakuasi apabila terjadi bencana. Kerja bakti pelebaran akses jalan sepanjang 1,2 kilometer dengan lebar 5 meter yang tadinya cuman jalan setapak.  Karena saat ini akses jalan hanya bisa dilewati manusia saja.  Dibawah komando kapten Inf Sugeng Hariyanto masyarakat  Pagerejo sekitar 100 orang, dan anggota Koramil/06 sekitar 15 orang bersama-sama saling baur bekerja sama dalam untuk melebarkan jalan tersebut. karena desa Pagerejo tersebut  tidak jauh dengan gunung sindoro, masyarakat desa takut apa bila hujan gunung sindoro mengeluarkan asap dan berbau belerang. Satu-satunya jalan untuk akses evakuasi yaitu jalan tersebut. Desa pagerejo terletak di lereng gunung sindoro dengan mempunyai tingkat kemiringan antara 60-90 derajat sehingga tingkat kelongsoran disini bila tidak dijaga alamnya maka potensi longsor sangat tinggi.  Hal ini pernah terjadi pada tahun 1982. Menurut hasil survai yang dilakukan oleh UGM Yogyakarta bila terjadi longsor pada bukit Pagerluhur tanah bisa bergeser sejauh 3-4 Km.

Baca juga:  Pangdam IV/Diponegoro Bangga, Masyarakat Bisa Membaca Dan Menulis

Dengan pelebaran  akses jalan tersebut manfaat bagi TNI adalah untuk memudahkan dalam rangka pertahanan Negara bilamana Negara dalam keadaan bahaya diserang oleh pihak musuh. Seluruh masyarakat desa Pagerejo menyampaikan banyak terima kasih kepada TNI yang telah berkenan meluangkan waktu dan tenaganya membantu masyarakat dalam rangka membantu pelebaran akses jalan.  Kedatangan tentara merupakan penyemangat bagi masyarakat sehingga pekerjaan tersebut yang awalnya terasa berat sekarang menjadi lebih ringan.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel