TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

202 Takorna Angkatan XIV FKPPI Menerima Pembekalan Pangdam V/Brawijaya

By 26 May 2016 23:51Kodam V/Brawijaya
fkpp

Surabaya- Panglima Kodam V/Brawijaya Mayorjenderal TNI Sumardi, menyampaikan pembekalan pada peserta Penataran Kader Organisasi Tingkat Purna (Tarkorna) Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI (FKPPI) Angkatan ke XIV tahun 2016. Kamis (26/5/2016) bertempat di Gedung Kobangdikal Bumimoro, Surabaya.

Dalam ceramah ilmiahnya yang mengambil tema ” Dengan kaderisasi membangun soliditas yang kuat dan militan serta mandiri, independen dan berkarakter” Pangdam menekankan, sebagai generasi muda kader saudara harus selalu tanggap dan waspada dalam menghadapi situasi regional yang terus berkembang sehingga menimbulkan berbagi masalah yang bisa mengancam keselamatan bangsa dan negara meliputi konflik – konflik sosial yang meliputi terorisme, narkoba, kelompok radikal, isis, komunis, PHK, demo buruh hingga menyebabkab runtuhnya nasionalisme , ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan hak asasi manusi Itu semua memicu situasi kerawanan daslam kehidupan berbangfsa dan bernegara dengan demikian itu semua harus dijaga agar situasi tetap kondusif.

Oleh karena sebagai generasi muda. FKPPI harus diketahui sehingga apa bila generasi muda dibutuhkan maka mereka harus sudah siap dan tau situasi yang berkembang disekitarnya. Sebagai mana diamanatkan dalam undang undang TNI mempunyai kewajiban OMSP operasi militer selain perang dan OMP operasi militer perang dan sesuai haneg UU RI no 3 TH 2002. Komponen utama adalah TNI dan POLRI dimana didalamnya ada komponen cadangan dan komponen pendukung dan FKPPI adalah termasuk didalam komponen cadangan.

GM FKPPI yang ada dalam kehidupan serta dalam pembinaan TNI harus bersikap independen serta perlu mengetahu tugas-tugas pokok TNI yang meliputi

1. Mengatasi aksi gerakan separatisme bersenjata.
2. Mengatasi pemberontakan bersenjata.
3. Mengatasi aksi terorisme.
4. Mengamankan wil perbatasan.
5. Mengamankan objek vital yg strategis.
6. Melaksanakan tugas perdamaian dunia.
7. Mengamankan Presiden dan Wapres beserta keluarganya.
8. Memberdayakan wil pertahanan dan kekuatan lingkungan secara dini sesuai dengan sishanta.
9 Membantu tugas pemerintah di daerah.
10. Membantu polri dalam rangka tugas kamtibmas yang diatur dlm undang undang.
11. Membantu mengamankan tamu negara.
12. Membantu menanggulangi akibat bencana alam pengungsian dan bantuan kemanusiaan.
13 Membantu pencarian dan pertolongan korban kecelakaan.
14. Membantu pemerintah dlm rangka pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perampokan dan penyelundupan.

Dengan memperhatikan tugas pokok tersebut mak TNI tidak dapat melaksanakan tugasnya sendiri oleh kerena itu saudara harus tau sistem pertahanan kita adalah sistem SISHANKAMRATA. Disamping itu Pangdam menghimbau kepada seluruh peserta Penataran Tarkorna agar waspada dan melaporkan cepat kepada pihak terkait apa bila melihat orang-orang atau kelompok tertentu yang ada disekitarnya patut dicurigai.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah waaster kasdam VBrw, bendahara umum GM.FKPPI dan wakil ketua pengurus pusat (Bpk Gangsar).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

202 Takorna Angkatan XIV FKPPI Menerima Pembekalan Pangdam V/Brawijaya