TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Ajak Desa Binaan Mandiri Benih Padi

By 19 May 2016 10:51Kodam IV/Diponegoro
IMG-20160222-WA0034

Seluruh anggota Babinsa Koramil-10/Pringsurat Kodim 0706/Temanggung dan seluruh anggota Dintanbunhut Kec. Pringsurat melaksanakan pendampingan Upsus penyiapan benih unggul guna memenuhi semua kebutuhan benih ditingkat petani bertempat di Dusun Paingan Desa Kupen, Kamis 19-05-2016.

Komandan Koramil-10/Pringsurat Kapten Inf Hartono menyampaikan untuk mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan khususnya padi, jagung dan kedelai diharapkan masing-masing desa mandiri dengan benih padi sehingga kebutuhan akan benih tiap desa mampu memenuhi semua kebutuhan benihnya ditingkat petani dalam wilayahnya.  Caranya dengan mengembangkan dan memanfaatkan segala sumberdaya yang dimilikinya secara efisien dan kearifan lokal . Untuk menjadikan desa mandiri benih padi perlu ada kelompok tani atau petani yang mahir/pintar menjadi penangkar serta memproduksi benih padi yang unggul bersertifikat secara kesinambungan dan terus menerus. Dalam mewujudkan desa mandiri benih padi ada banyak syarat yang harus dipenuhi dan tahapan yang dilalui misalnya pemilihan lahan yang tepat, persemaian, penanaman, pemupukan, pengairan, rouging, panen dan pengolahannya. Dengan terpenuhinya semua persyaratan tersebut akan menjamin kualitas dan ketersediaan pasokan benih bermutu. Sehingga saat musim tanam tiba para petani tidak kesulitan dan kebingungan dalam mencari/memperoleh  benih unggul sesuai kebutuhan dalam rangka mendukung peningkatan produksi dan produktivitas pertanian khususnya padi, jagung dan kedelai.

Ka UPT Dintanbunhut Kec. Pringsurat Bapak Edi Budi Suwarno menambahkan dalam rangka mendukung swasembada pangan dan berdaulat diketahanan pangan selalu siap berbagi ilmu yang tujuannya untuk kesejateraan para petani termasuk menyiapkan desa mandiri benih padi yang sangat dibutuhkan oleh para petani dalam pengadaan benih padi menjelang musim tanam tersebut. (Serka Setiawan)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Ajak Desa Binaan Mandiri Benih Padi