TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Bantu Turun ke Sawah

By 24 May 2016 14:29Kodam IV/Diponegoro
IMG-20160524-WA0015

Babinsa Mangunsoko Koramil 15 Dukun Kodim 0705/Magelang melaksanakan pendampingan penyiangan gulma dilahan seluas 0,1 ha milik Heri (48) anggota poktan Mekar Sari Dusun Dukoh Desa Mangunsoko Kecamatan Dukun, Selasa (24/5).

Gulma adalah tumbuhan pengganggu atau dalam bahasa keseharian menurut petani adalah jenis rumput-rumputan yang tumbuh disela tanaman utama, apabila tidak di hilangkan gulma ini bisa menjadi sarang hama tanaman seperti wereng, walang sangit, ulat dan hama lainnya.

Tujuan pembersihan gulma adalah untuk menghilangkan tumbuhan pengganggu yang menjadi pesaing utama penyerapan sari makanan tanaman utama sehingga tanaman yang lahan atau areal persawahan banyak gulmanya dapat dipastikan tumbuh kembangnya tanaman utama akan terganggu dan hasil panen akan berkurang tidak optimal.

Heri selaku petani pemilik lahan menyambut gembira pendampingan yang dilaksanakan oleh Bapak Babinsa, menurutnya tugas yang dilaksanakan ini mempunyai nilai yang positif selain membantu petani juga semakin menambah kedekatan antara TNI dengan masyarakat.

Menurut Sarjana selaku Babinsa, Bahwa tugas pendampingan ini selain perintah dari atasan juga sebagai wujud kedekatan Koramil dengan masyarakat dan juga bentuk implementasi dari Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.”Saya sangat berharap kepada masyarakat tidak takut dan ragu untuk menjalin komunikasi dengan Koramil dalam hal apapun, apabila di wilayahnya ada kejadian-kejadian yang menonjol seperti bencana alam atau penyakit sosial masyarakat, contoh penyakit sosial antara lain remaja yang mabuk-mabukan, pencurian, perselingkuhan dll sehingga bisa di atasi dan di carikan jalan keluarnya” ujar Sarjana di sela sela kegiatan. (HOMBING)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Bantu Turun ke Sawah