TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Bersama PPL Kecamatan Kota Bangkalan, Sosialisasikan Penenaman Kedelai

By 08 May 2016 06:55Kodam V/Brawijaya
1

Bangkalan,- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Kota jajaran Kodim 0829/Bangkalan Sertu Suwarto bersama PPL dan Kelompok Tani Sembilangan Jaya melaksanakan sosialisasi kedelai unggulan, bertempat di rumah Bapak Abusatri Desa Sembinlangan Kecamatan Kota Kabupaten Bangkalan. Sabtu 7 Mei 2016

Terkait dengan sosialisasi kedelai, kerja sama yang erat antara Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian dan Babinsa diharapkan bisa memenuhi target produksi kedelai di Bangkalan.

Demikian disampaikan Kapten Inf Mohammad Heriyanto, Komandan Koramil 01/Kota saat ditemui media ini di sela-sela kegiatan Sosialisasi Kegiatan kedelai unggulan, Sabtu (7/5). Dikatakan Kapten Inf Mohammad Heriyanto, Babinsa sudah lebih siap,  sebab dengan semakin banyaknya pembekalan, tentunya kemampuan juga semakin meningkat.

“Apalagi kegiatan ini sudah berjalan setahun lebih, tentunya hubungan akan semakin erat antara Babinsa dan PPL. Kami harapkan tujuan swasembada pangan tahun 2017 bisa tercapai khususnya di kabupaten Bangkalan,” tegasnya.

Tantangan terberat yang dihadapi petugas di lapangan kata Kapten Inf Mohammad Heriyanto, adalah cuaca karena lahan pertanian kita masih bergantung terhadap hujan. Saat sudah menanam tapi hujan tak kunjung turun, sehingga otomatis tanaman akan terjadi puso.Selain itu masalah distribusi pupuk juga sambungnya, tidak sesuai penyerapan dimana produsennya tidak mampu memenuhi kebutuhan di kabupaten Bangkalan.

Kuotanya memang tidak ada masalah, namun lanjut Kapten Inf Mohammad Heriyanto persoalan distribusi yang kadang menjadi masalah. Dari produsen sanggup,tapi tahun kemarin saat sudah berjalan pertengahan tahun ada pergantian produsen sehingga bermasalah.

“Tahun ini sejak awal sudah dipastikan tidak akan pergantian produsen lagi sehingga tidak terjadi keterlambatan distribusi pupuk sehingga diharapkan tahun ini hasil produksi bisa meningkat,” ungkapnya.

Terkait sosialisasi penanaman kedelai dilakukan untuk mempersiapkan dan menyamakan persepsi antara petugas PPL Pertanian dan Babinsa terkait areal tanam, luas lahan dan target produksi yang akan dicapai.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Bersama PPL Kecamatan Kota Bangkalan, Sosialisasikan Penenaman Kedelai