TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Ikut Sukseskan Safari Keluarga Berencana

By 25 May 2016 10:08Kodam IV/Diponegoro
ba1

GRABAG- Anggota Koramil 06 Grabag Kodim 0705/Magelang Serda Azis Fahrudin mendampingi PLKB Kecamatan Grabag melaksanakan safari Keluarga Berencana bertempat di Puskesmas I Grabag,selasa (24/5).

Acara Program ini diikuti oleh 7 orang warga yang terbagi menjadi 6 orang yang menggunakan kotrasepsi IUD dan 1 orang menggunakan kontrasepsi implant, kontrasepsi jenis ini memang banyak diminati oleh masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Grabag. Bagi mereka para pasangan yang sudah menikah ada baiknya untuk merencanakan tentang kehamilan, bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan sebelum melahirkan ada baiknya pula merencanakan program KB atau menggunakan alat kontrasepsi yang aman guna mencegah terjadinya kehamilan yang begitu cepat dengan arti memberi jarak kehamilan pertama dengan kehamilan kedua atau konsultasi dengan para medis yang terdekat.

“Program safari KB kes ini dilaksanakan dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional. Adapun tujuan Keluaraga Berencana adalah meningkatkan kesejahteraan ibu, anak dalam rangka mewujudkan NKKBS ( Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera ) yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan jumlah kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk ” terang Endang (40) pegawai dari PLKB.

Dilihat dari latar belakang Indonesia merupakan negara yang jumlah penduduknya sangat pesat pertumbuhannya dengan dasar itu maka pemerintah dengan gencarnya membuat program yaitu “Keluarga Berencana” (KB) dalam ini telah jelas yaitu menurunkan fertilitas agar dapat mengurangi beban pembangunan demi terwujudnya kebahagiaan dan kesejahteraan bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Seperti yang disebutkan dalam UU No.10 Tahun 1992 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera, definisi KB yakni upaya meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, dan peningkatan kesejahteraan keluarga guna mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahetra.

” Kami selaku pegawai dari puskesmas I Grabag merasa sangat terbantu sekali adanya peran serta para Babinsa dalam ikut mensukseskan adanya program keluarga berencana sehingga dapat berjalan tertib aman dan lancar” imbuh Endang.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Ikut Sukseskan Safari Keluarga Berencana