TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Jelbuk Kec Jelbuk Garap Bedah Rumah Milik Anggota PPM

By 15 May 2016 07:55Kodam V/Brawijaya
1

Pada Sabtu 14/05 di Dsn Krajan Timur 2 Ds Jelbuk Kec Jelbuk Kab Jember tepatnya dirumah sdr Heri Susanto umur 37 tahun yang merupakan anggota Pemuda Panca Marga (PPM) Kab Jember, yang merupakan organisasi Keluarga Besar TNI (KBT) yang kondisi rumahnya memang sangat tidak layak huni.

Terkait dengan hal tersebut Babinsa Jelbuk Serda Mustakim menjadikan rumah tersebut sebagai salah satu sasaran bantuan RTLH Ke XII yang merupakan kerjasama Pemerintah Propinsi Jawa Timur dengan Kodam V/Brw, karena rumah tersebut layak menjadi sasaran bantuan RTLH.

Saat kami temui dilokasi memang baru hari pertama pengerjaannya, kondisi rumahnya memang sangat perlu mendapatkan bantuan, karena disamping masih berlantai tanah, berdinding gedek (bambu) rupanya sudah termakan usia sehingga banyak yang lapuk.

Saat kami wawancarai Heri Susanto dengan wajah lusuhnya menyampaikan terima kasih sekali kepada Babinsa yang telah menjadikan rumahnya sebagai sasaran bantuan RTLH saat ini.

Dalam pengerjaannya ini karena saya sangat senang sekali sehingga saya kerjakan sendiri bersama saudara-saudara saya, karena kebetulan saya juga bisa nukang.

Danramil 0824/26 Jelbuk Kapten Inf Agus Harijanto membenarkan adanya KBT yang rumahnya menjadi sasaran bedah rumah RTLH XII ini, kebetulan saja kondisi rumahnya memang layak untuk mendapatkan bantuan.

Saat kami tanyakan berapa rumah yang mendapat bantuan dari RTLH saat ini, Agus Harijanto menyampaikan bahwa untuk Kec Jelbuk ada 32 unit rumah tersebar di 6 desa, dan Desa Jelbuk sendiri kebagian 5 rumah dan salah satunya rumah P Heri Susanto ini.

Sementara itu Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, SIP saat kami konfirmasi membenarkan adanya RTLH XII ini secara keseluruhan se Kabupaten Jember kita mendapatkan yang paling banyak diantara Kabupaten lainnya yaitu 1000 unit rumah.

Lebih lanjut beliau menyampaikan memang dengan bantuan yang ada tersebut belum mampu menjangkau puluhan ribu rumah yang tidak layak huni di Kabupaten Jember, namun bagi yang belum mendapatkan bantuan RTLH Bupati Jember Hj Faida MMR sudah menegaskan secara bertahap tentunya akan diupayakan dengan melalui program-program lainnya bahkan mengajak semua pihak untuk ikut peduli.

Kemudian saat kami tanyakan berapa anggaran yang dibantukan untuk masing-masing unit rumah, Muhammad Nas menjelaskan bahwa Babinsa dalam hal ini hanya melaksanakan penggalangan karya bakti, dan bantuan yang turun sudah berupa material pasir, semen, kalsibord dll (sis24)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Jelbuk Kec Jelbuk Garap Bedah Rumah Milik Anggota PPM