TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Kodim 0102/Pidie Terima Pelatihan Alsintan

By 10 May 2016 09:37Kodam Iskandar Muda
al22

Sigli – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0102/Pidie mendapatkan pelatihan cara mengoperasionalkan alat mesin pertanian (Alsintan) bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI). Latihan dilakukan untuk menunjang kerja para Babinsa dalam membantu petani sekaligus merealisasikan target pemerintah pusat agar bisa swasembada pangan.

Lettu Inf Irwan saat memimpin kegiatan pelatihan di areal persawahan di wilayah Desa Gampong Baro, Kecamatan Pidie Kab. Pidie Senin (09/05) mengatakan, dari segi peralatan alsintan sudah dimiliki. Selanjutnya tinggal mengenalkan serta mengajarkan cara penggunaan dan pengoperasionalan kepada seluruh Babinsa dalam pelatihan tersebut Kodim 0102/Pidie juga melibatkan petugas dari Dinas Pertanian. Hal itu dilakukan karena merekalah yang paham dan mengerti cara penggunanaanya.

Para Babinsa  mengikuti dengan seksama cara kerja dan cara mengoperasionalkan alsintan tersebut. Selain itu mereka mengajukan beberapa pertanyaan yang sekiranya belum bisa dipahami termasuk di dalamnya tata cara perawatan dan pemeliharaan, sehingga dikemudian hari dapat mengoperasionalkan alsintan dengan sendirinya tanpa ada pendamping maupun teknisi yang mengawasi.

Lettu Inf Irwan menambahkan, dengan pelatihan ini diharapkan nantinya para Babinsa akan  memperoleh salah satu bekal pengetahuan yang selanjutnya dapat  ditularkan kepada para Gapoktan/Poktan maupun petani yang ada di wilayahnya. “Jadi sebelum terjun mendampingi petani di lapangan kita harus mampu, sehingga dalam pelaksanaan tugas di lapangan para Babinsa dapat menjelaskan kepada petani dan menjadikan petani kita menuju petani yang modern, agar tujuan program pemerintah tentang swasembada pangan nasional dapat terwujud,” ujarnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Kodim 0102/Pidie Terima Pelatihan Alsintan