TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Kodim 1006/Mtp Mendapat Pelatihan Rice Transplanter  Ta. 2016

By 23 May 2016 09:51Kodam VI/Mulawarman
20160523c

Sungai Tabuk, Kalsel (23/05) Sebanyak 50 orang para Babinsa dimasing-masing perwakilan  di  Lima  Kodim yang ada di Kalimantan Selatan khususnya Kodim 1006/ Mtp, Kamis, 19 Mei 2016  mengikuti pelatihan sistem dan cara kerja Mesin Tanam Transplanter dan Iseki Traktor Roda Empat.

Pelatihan sistem dan cara kerja Mesin Tanam Transplanter dan Iseki Traktor Roda Empat tersebut berlangsung di desa Pejambuan Kecamatan Sungai Tabuk  Kabupaten Banjar  yang di pandu langsung oleh Supervisi dari PT Rutan Indonesia Dwi Nugroho, S. disaksikan langsung Pasi Teritorial Korem 101/ Ant Mayor lnf Komarudin, Dandim 1006 /Mtp diwakili  Pjs.Danramil 1006-09/ Sungai Tabuk Pelda Suyono, Kementerian Pertanian Bapak Rawi.P, Dinas Pertanian Kab Banjar, Kepala BP3L kecamatan Sungai Tabuk, Para Manteri Tani, dan Kelompok Tani Pejambuan.

Dalam sambutannya,  Supervisi dari PT Rutan Indonesia  Dwi Nugroho, S. dalam sambutannya mengatakan bahwa Mesin Tanam Transplanter adalah salah satu hasil karya terbaik buatan anak bangsa yang sekarang masih berlanjut pembuatannya bahkan di negara tetangga kitapun sudah ada pemesanannya dan ini sudah di akui oleh dunia ungkapnya.

Untuk itu tujuan daripada pelaksanaan kegiatan ini adalah sekaligus memperkenalkan alat ini dan cara pengoperasiannya. Alat ini menggunakan konsep metode penanaman  alat Transplanter lebih mudah cepat dan praktis karena mesin ini juga dapat mengurangi biaya penanaman hingga 50%.

Cara pengoperasianya pun lebih mudah dan praktis karena mempunyai alat penyeimbang dasar pada mesin dan roda penyanggah sehingga alat ini disawah diatas air 10 cm dan tanah lumpur sudah bisa di gunakan.

Sementara itu Dandim 1006/Martapura sendiri dalam sambutannya melalui Pjs. Danramil Sungai Tabuk mengucapkan terima kasih banyak dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PT. RUTAN  Dwi Nugroho,S. dan ISEKI CROWN serta Pihak pendukung, yang sudah meluangkan waktunya untuk dapat hadir disini memberikan pelatihan dan fungsi kerja mesin Transplanter kepada para Babinsa , PPL dan Manteri Tani, Serta kelompok tani. Warga masyarakat setempat pun  khususnya desa Pejambuan Sungai Tabuk yang notabenenya para petani, merasa bangga dan terhormat atas kehadirannya disini karena sudah mendapat kesempatan melihat cara penggunaan alat tersebut.

Bagi para peserta  yang mendapatkan kesempatan pelatihan alat mesin Transplanter bisa menyimak dan menggunakan serta mencermati dengan baik, karena setelah  selesai mendapat pelatihan dan pulang ke Kesatuan masing-masing bisa memberikan dan mempraktekkan kepada para kelompok tani di desa Binaannya. (Kodim 1006/Mtp)

Babinsa Kodim 1006/Mtp Mendapat Pelatihan Rice Transplanter  Ta. 2016