TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bupati Aceh Utara Pimpin Apel Gabungan Bencana

By 20 May 2016 06:12Kodam Iskandar Muda
wtm 660×330

Lhokseumawe – Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib memimpin apel dan latihan gabungan penanggulangan bencana Alam di Wilayah Korem 011/Lilawangsa tahun 2016, Kamis (19/5) 2016, Pukul 08.30 WIB, bertempat di Lapangan Jenderal Sudirman Korem 011/Lilawangsa.

Apel gabungan tersebut diikuti dari Intansi TNI, TNI-AD, AU dan AL jajaran Korem 011/LW, Polri Lhokseumawe dan Aceh Utara, Satpol PP, SAR, Dinas Perhibungan, Dinas Kesehatan, BPBD, Pemadam, Tagana, Orari, BMKG dan Rapi Kabupaten Aceh Utara.

Usai Pelaksanaan Apel, Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib, Danpuslat  Kodiklat TNI, Marsma TNI Timbang Sembiring, Dirlat Kodiklat TNI, Brigjen TNI Awaluddin SE, Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Dedy Agus Purwanto, SH, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Nasrudin, Waasops Dam IM Letkol Inf Iwan Rosandrianto, beserta para pejabat lainnya melakukan pemeriksaan alat perlengkapan dan kendaraan latihan, kegiatan dilaksanakan selama tiga hari 19 sampai 21 Mei 2016.

Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib menyampaikan, Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana Alam ini.

Kegiatan ini sangat penting dan bernilai strategis, terutama bagi Stake Holder yang terkait langsung dengan kegiatan penanggulangan bencana alam, termasuk para relawan dan pegiat sosial. Apalagi daerah kita ini cukup sering ditimpa bencana alam dan tragedi-tragedi lainnya, tentu saja sangat membutuhkan penanganan serius dan ekstra cepat, sehingga kita membutuhkan petugas-petugas yang selalu siap siaga, tutur Bupati.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Komandan Kodiklat TNI, Marsma TNI Timbang Sembiring, Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI L Rudy Polandi, atas inisiatifnya dan prakarsa-nya mengadakan Apel dan Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana Alam yang dimulai pada hari ini di jajaran Korem 011/Lilawangsa.

“Selama ini, jajaran TNI sangat konsen dalam memberikan kepedulian dan dedikasinya dalam penanganan bencana alam di wilayah Aceh Utara, telah sangat banyak bekerja dan membantu, bahkan menyelamatkan jiwa penduduk Aceh Utara saat terjadi bencana alam, seperti banjir bandang yang merendam wilayah Aceh Utara beberapa waktu yang lalu” Ungkap Bupati yang akrab di sapa Cek Mad itu.

Kondisi geografis wilayah Aceh Utara yang berada di dataran rendah dan kawasan pesisir, cukup rentan terjadinya bencana alam, terutama banjir bandang. Wilayah Aceh Utara dialiri oleh beberapa sungai yang berpotensi mengirim debit air berlebihan saat hujan lebat, sehingga mengakibatkan banjir bandang di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS), yaitu kawasan DAS Krueng Arakundoe, Krueng Keureutoe,  Krueng Pirak, Krueng Pase, Krueng Buloh, dan Krueng Sawang,” katanya.

Untuk itu, kesiap-siagaan sangat diperlukan agar dampak peristiwa tersebut tidak terlalu merugikan bagi masyarakat banyak, baik kerugian berupa harta benda maupun nyawa, maka dibutuhkan Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana Alam kesiap-siagaan dalam menghadapi berbagai ancaman bencana, Terutama untuk mempersiapkan personel maupun peralatan yang dalam kondisi siap jika sewaktu-waktu terjadi bencana dan dibutuhkan. Himbau Bupati.

Bupati mengharapkan, Aceh Utara selalu siap dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana,  baik aparat TNI dan Polri, BPBD, Tagana, Tim SAR, dan para Relawan lainnya haruslah selalu siaga, karena penanggulangan bencana merupakan tanggungjawab bersama, bukan hanya jajaran TNI, BPBD dan relawan lainnya. Maka saya sangat mengharapkan kepada semua pihak di bawah koordinasi BPBD, agar melakukan tindakan dengan cepat dan tepat, serta tidak keluar dari ketentuan yang berlaku,” Harapnya.

Apel gabungan dihadiri oleh: TIM dari Kodiklat TNI, diantaranya Danpuslat  Kodiklat TNI, Marsma TNI Timbang Sembiring, Dirlat Kodiklat TNI, Brigjen TNI Awaluddin SE, beserta rombongan, Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Dedy Agus Purwanto, SH, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Nasrudin, Ketua DPRK Aceh Utara, Waasops Kasdam IM Letkol Inf Iwan Rosandrianto, Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono, Kapolres Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, Kajari Lhoksukon, Ketua Pengadilan Negeri Lhoksukon, Ketua Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon, Sekda Kabupaten Aceh Utara, Para Staf Ahli dan para Asisten, Para Kepala SKPK jajaran Pemkab Aceh Utara, Pimpinan BUMN dan BUMD, Ketua PMI Kabupaten Aceh Utara, Ketua Tim SAR, TAGANA, Ketua RAPI, ORARI, BMKG, dan para relawan siaga bencana.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bupati Aceh Utara Pimpin Apel Gabungan Bencana