TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bupati Jember Rencanakan Gelar Bakti Sosial TNI Bagi 5000 Dhuafa

By 25 May 2016 06:51Kodam V/Brawijaya
DSC_0207

Selasa 24/05 bertempat di Lobi Bupati Jember dilaksanakan Rapat Koordinasi Bakti Sosial TNI Operasi Gratis bagi 5000 kaum duafa yang memiliki kendala medis sumbing bibir, katarak, hernia, jari tumbuh dan lain-lain.

Rakor dipimpin oleh Bupati Jember dan dihadiri oleh Kakesdam V/Brw Kol Ckm dr. Nirawan Putranto, Waka Kesdam V/Brw, Sp.M, Wa Aster Kodam V/Brw, Dandenkes Malang, Surabaya, Madiun dan Mojokerto, Wakil Bupati Jember, Dandim 0824 Jember, Ka Rumkit TK III Jember, Para Kepala Dinas se jajaran Pemkab Jember,  Muspika se Kab Jember dan perwakilan dari Pukesmas se Kabupaten Jember.

Dalam paparannya Bupati Jember dr Hj Faida MMR menegaskan bahwa bakti sosial seperti ini sudah dilaksanakan secara regular setiap tahunnya dan pada tahun ini memasuki tahun yang ke 6, dengan dirinya sekarang menjabat Bupati Jember tentunya lebih memudahkan akses dalam penyelenggaraannya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa selama ini kerjasamanya dengan unsur TNI dalam hal ini Kodim 0824 Jember cukup sinergis dalam menyelenggarakan bakti sosial TNI operasi gratis, namun pada tahun lalu memang fakum dikarenakan kendala adanya Pilkada 2015 dan dirinya menjadi salah satu kontestan Calon Bupati Jember, sehingga terdapat pemahaman untuk keperluan politik.

Perlu ditegaskan kembali bahwa bakti sosial operasi gratis bagi kaum dhuafa ini sama sekali tidak menggunakan anggaran Pemerintah Daerah, namun dibiayai dengan dana zakat, relawan dan Csr Rumah Sakit Bina Sehat baik dari awal kegiatan seperti ini sampai dengan penyelenggaraannya nanti.

Selanjutnya dalam sambutannya Kakesdam V/Brw Kol Ckm dr. Nirawan Putranto, Sp.M menegaskan bahwa dirinya sangat bangga sekali dengan rencana Bupati Jember Dr Hj Faida MMR untuk menyelenggarakan Bakti Sosial TNI Operasi Gratis bagi 5000 Dhuafa ini.

Sungguh hal yang luar biasa ini dapat kita selenggarakan, bersama saya ini juga saya hadirkan beberapa staf dan dokter spesialis mata, bedah dan ortopedi untuk lebih mematangkan koordinasi kita, karena Pangdam V/Brw sangat mendukung sekali bahkan dalam pembukaannya dan penutupannya nanti beliau janji akan datang ke Jember.

Dalam wawancaranya Bupati Jember menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraannya kita membuka pendaftaran untuk 9 kabupaten/kota ternyata yang mendaftar 11.800 lebih, kemudian kita buka untuk 9 macam penyakit hernia, katarak, sumbing bibir, hidrocepalus, kaki pengkor, kendala saluran kencing dll.

Pada tahun 2015 kemarin sudah kita selesaikan sekitar 4000 lebih pasien dan sisanya sekitrar 5000 pasien kita pending karena kendala kencing manis dan darah tinggi serta terganggu situasi Pilkada sehingga saat ini kita koordinasikan kembali dengan membagi tugas, Puskesmas kita beri data by name by addres, kemudian kita dapat bantuan dari Pangdam V/Brw bahwa kita ada dibantu perkuatan personel dokter-dokter specialis dari jajaran TNI Kodam V/Brw.

Dengan kekuatan Tiga Pilar dan Puskesmas kita akan selesaikan sisa pasien yang belur terselesaikan operasinya, dan saat ditanyakan berapa rumah sakit yang akan dilibatkan, Faida menegaskan bahwa simua pihak akan dilibatkan yang rencana akan dibuka pada 20 Juli 2016 dan ditutup pada bulan Oktober oleh Pangdam V/Brw.

Selanjutnya dalam wawancaranya Kakesdam V/Brw  Secara Tehnis kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian HUT TNI 2016,  namun kegiatan ini selalu kita laksanakan setiap tahun secara regular, dan pada tahun ini kegiatan bakti sosial juga dilaksanakan di Madiun dan Kediri.

Saat kami tanyakan tentang kesiapan penyelenggaraan bakti sosial ini, Kakesdam menegaskan bahwa setelah rakor ini kita akan mengadakan rapat lsecara tehnis untuk mempersiapkan rencana operasionalnya.

Saat ditanyakan tentang dukungan Kesdam V/Brw terkait bakti sosial yang akan dilaksanakan ditegaskan bahwa di Kesdam V/Brw ada 10 Rumah Sakit TNI AD diantaranya Rumkit TK II Soepraoen Malang, Rumkit Tk III Jember, Madiun, Kediri, Mojokerto, Surabaya dll, dan untuk dokter di Rumkit TK II Soepraoen sendiri ada 34 dokter specialis belum yang ada di Jember, Surabaya, Madiun, Kediri tentunya dibantu oleh deokter specialis dari Jember dan pihak lain tentunya. (sis24)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bupati Jember Rencanakan Gelar Bakti Sosial TNI Bagi 5000 Dhuafa