Kodam Iskandar Muda

Dandim : Miris, Dari 655 KK 400 Diantaranya Tak Punya Jamban

Dandim : Miris, Dari 655 KK 400 Diantaranya Tak Punya Jamban
#TNIAD 

Komandan Kodim 0104/Aceh Timur didampingi oleh Danramil 02/KRB Kapten Inf P. Harahap, Pasiopsdim Kapten Inf Jumari sebagai Perwira Pengawas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada saat itu beserta Geuchik Gampoeng Alue Lhok M. Yakub menyambangi lokasi pembuatan jamban di desa Alue Lhok Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (9/5/2016).

Pada TMMD ke-96 kali ini, Kodim 0104/Atim akan membangun 68 Jamban, 34 untuk Desa Paya Meta dan 34 nya lagi di Desa Alue Lhok. Jamban ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam kebersihan masyarakat desa, disamping itu jamban akan memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat per orangan.

Pada saat di lokasi pembuatan jamban, Dandim menyampaikan keprihatinannya kepada masyarakat Desa Alue Lhok yang saat itu menjadi target program TMMD kali ini. Desa yang berpenduduk 345 Kepala Keluarga (KK) ini mayoritas masih menggunakan Jamban Tradisional seadanya pada saat ingin buang hajat yang merupakan kebutuhan setiap insan manusia. 250 KK diantaranya sama sekali belum mempunyai Jamban, sehingga pada saat yang mendesak mereka harus menumpang dengan tetangga atau rumah orang tua. Yang lebih parah, ada yang menggunakan system WC Terbang atau Gali-Timbun.

Begitu juga dengan Desa Paya Meta, penduduk yang berjumlah 310 KK ini, 150 diantaranya belum mempunyai jamban. Sehingga dari 655 KK kedua desa yang menjadi target TMMD kali ini, 400 diantaranya belum mempunyai Jamban.

Mengetahui hal ini, Dandim menghimbau kepada seluruh perusahaan yang ada diwilayah Aceh Tamiang khususnya, agar berpartisipasi dalam Program “Sejuta Jamban Untuk Masyarakat Indonesia” yang sudah dicanangkan Pemerintah Pusat beberapa waktu yang lalu. Beliau juga berharap agar Pemerintah Daerah Peka dalam hal ini untuk mewujudkan Masyarakat Aceh Tamiang yang sehat dan sejahtera, begitu juga dengan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia hendaknya, harap Dandim.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel